Kasus Jiwasraya, Penyidik Kejagung Sudah Periksa 130 Orang, Geledah 115 Tempat

Kamis, 16 Januari 2020 12:01 Reporter : Merdeka
Kasus Jiwasraya, Penyidik Kejagung Sudah Periksa 130 Orang, Geledah 115 Tempat jiwasraya. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Kejaksaan Agung maraton menyelidiki dugaan korupsi asuransi Jiwasraya. Bahkan penyidik Kejaksaan Agung sudah menetapkan lima tersangka dan telah dilakukan penahanan.

Hari ini, Jaksa Agung, ST Burhanuddin, melaporkan update hasil pemeriksaan sementara kasus Jiwasraya kepada Komisi III DPR RI.

"Tim penyidik telah melakukan pemanggilan dan pemeriksaan. Telah memeriksa sebanyak 130 orang saksi dan dua orang ahli," kata Burhanuddin di Kompleks Parlemen Senayan, Kamis (16/1).

Jaksa Agung menyebut, penyidik juga telah mengajukan permohonan perhitungan kerugian keuangan negara kepada BPK RI. Penyidik beserta BPK telah melaksanakan ekspose dengan beberapa kesimpulan.

"Satu, telah terjadi penyimpangan dalam penjualan produk Jiwasraya saving plan dan investasi saham dan reksa dana yang mengakibatkan kerugian negara pada PT Asuransi Jiwasraya. Dua, perhitungan kerugian keuangan negara akan dilakukan secara simultan dengan pemeriksaan investigasi. Tiga, penyidik Kejagung dan tim pemeriksa BPK sepakat berkoordinasi untuk penyediaan bukti-bukti yang diperlukan dalam rangka perhitungan kerugian negara," jelasnya.

Jaksa Agung menambahkan, penyidik telah melakukan penggeledahan beberapa tempat antara lain di PT Trada Alam Mineral.

"Sebanyak 115 tempat kami lakukan penggeledahan dan menyita aset, serta kami juga mengkloning apa yang kami dapat dalam IT," katanya.

1 dari 1 halaman

Selain itu, Kejagung juga sudah mengajukan surat permohonan pada PPATK untuk dilakukan penelusuran transaksi mencurigakan terhadap pihak terkait baik internal maupun eksternal dari PT Jiwasraya.

"Kelima, kami sudah mengajukan surat permohonan kepada OJK untuk dilakukan pemeriksaan audit forensik dalam penyidikan perkara a quo," tegasnya.

Kejagung juga telah melakukan pemeriksaan ahli dan ahli perasuransian dari OJK. "Termasuk melakukan koordinasi, komunikasi secara intensif dengan pihak manajemen asuransi Jiwasraya. Tim penyidik juga telah menginventarisasi dan menganalisa surat-surat dokumen yang disita dalam penggeledahan," jelasnya.

Oleh karena itulah, Kejagung telah mengeluarkan surat pencekalan terhadap 13 orang terkait dengan perkara asuransi Jiwasraya.

"Kesepuluh, penyidik telah menetapkan lima orang tersangka dan telah mengeluarkan surat perintah penahanan atas lima orang tersangka tersebut," jelas Burhanuddin.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com [lia]

Baca juga:
Kejagung Panggil 7 Saksi Terkait Kasus Jiwasraya Hari Ini
Presiden Jokowi Perintahkan OJK Reformasi Industri Asuransi
Kasus Jiwasraya, Penyidik Kejagung Geledah Rumah Eks Diektur dan Kloning Bukti
Ketua OJK Klaim Kinerja Industri Asuransi Aman Meski Diterpa Kasus Jiwasraya
Anggota DPR Sebut Pansus atau Panja Kasus Jiwasraya Sama Saja
Jadi Penyelamat Jiwasraya, Payung Hukum Holding Asuransi Diteken Februari

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini