Kasus impor sapi, Mentan Suswono penuhi panggilan KPK

Kamis, 14 Maret 2013 10:27 Reporter : Putri Artika R
Kasus impor sapi, Mentan Suswono penuhi panggilan KPK Menteri Pertanian Suswono di KPK. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Menteri Pertanian Suswono memenuhi panggilan kedua penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mentan Suswono tiba di Gedung KPK sekitar pukul 10.00 WIB dengan menggunakan mobil Toyota Fortuner bernomor polisi B 1709 RFW.

"Jadi hari ini saya masih dimintai kembali keterangan sebagai saksi untuk empat tersangka, LHI, AF dan dua pihak Indoguna Utama," ujar Suswono yang mengenakan batik cokelat di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (14/3).

Saat ditanya apakah dirinya siap jika dijadikan tersangka oleh KPK, Suswono hanya diam dan langsung masuk ke Gedung KPK.

Peran Mentan Suswono terungkap saat adanya pertemuan di Medan sebelum tangkap tangan terjadi. Dalam pertemuan itu ada Ketua Asosiasi Perbenihan Indonesia, Elda Devianne Adiningrat; Direktur Utama PT Indoguna Utama, Maria Elizabeth Liman dan orang dekat Luthfi, Ahmad Fatanah.

Diduga pertemuan itu membahas pengurusan kuota impor yang akan didapat oleh PT Indoguna Utama, perusahaan impor daging.

KPK menduga Luthfi sebagai anggota DPR sekaligus Presiden PKS saat itu menggunakan pengaruhnya untuk meloloskan kuota impor kepada Mentan Suswono. Apalagi, Mentan Suswono merupakan kader PKS.

Selasa (28/1) malam, KPK menangkap tangan Ahmad Fatanah orang terdekat Luthfi bersama seorang gadis bernama Maharany di Hotel Le Meredien. KPK juga menangkap tangan dua Direktur PT Indoguna Utama Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi.

Dari hasil tangkap tangan itu, KPK menemukan uang senilai Rp 1 miliar. Uang itu diduga akan diberikan kepada Luthfi.

KPK kemudian menetapkan 4 tersangka, yakni Luthfi, Ahmad Fatanah, Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi. Kini keempatnya telah mendekam di Rumah Tahanan masing-masing. [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini