Kasus DBD di Sumsel Mencapai 1.400, 3 Orang Meninggal Dunia

Kamis, 12 Maret 2020 17:29 Reporter : Irwanto
Kasus DBD di Sumsel Mencapai 1.400, 3 Orang Meninggal Dunia Pengasapan cegah DBD di Tebet. ©2019 Liputan6.com/Immanuel Antonius

Merdeka.com - Dalam kurun Januari-Februari, tiga warga Sumatera Selatan meninggal dunia akibat demam berdarah dengue (DBD). Sementara penderita selama dua bulan itu hampir mencapai 1.400 orang.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Sumsel Mulyono mengungkapkan, ketiga penderita yang meninggal berasal dari Muara Enim, Musi Rawas Utara, dan Banyuasin. Sedangkan pada Maret 2020 belum terdata karena menunggu laporan dari kabupaten/kota.

"Dua bulan terakhir, atau Januari dan Februari, ada tiga pasien DBD yang meninggal dunia," ungkap Mulyono, Kamis (12/3).

Menurut dia, angka penderita DBD dinilai cukup tinggi. Pada Januari 2020, ada 575 kasus dan pada bulan berikutnya meningkat drastis menjadi 819 kasus. Penderita terbanyak berada di Musi Banyuasin (128 kasus), Palembang (122 kasus), dan Muara Enim (111 kasus).

"Jumlah penderita DBD di awal ini terbilang cukup besar. Untuk total tahun kemarin ada 2.799 kasus dengan 16 orang diantaranya meninggal," ujarnya.

Meski jumlah kasus DBD relatif cukup tinggi, pihaknya belum meningkatkan status luar biasa. Hanya saja, diperlukan tindakan dari pemerintah setempat untuk mencegah merebaknya penyakit itu.

Masyarakat juga terus disosialisasikan untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit itu. Kampanye 3 M (menguras, menutup, dan mengubur) terus digalakkan sehingga menjadi kebiasaan bagi masyarakat, bukan ketika musim DBD saja.

"Di samping itu, perlu pemberian bantuan insektisidan dan larvasida ke setiap pendidikan karena mencegah lebih dari mengobati. Kami harapkan kasus kematian akibat DBD terhenti dan pengidapnya berkurang," pungkasnya. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini