Kasus Covid-19 Tambah 337, Masyarakat Diingatkan Disiplin Jaga Jarak dan Pakai Masker

Kamis, 9 April 2020 18:55 Reporter : Merdeka
Kasus Covid-19 Tambah 337, Masyarakat Diingatkan Disiplin Jaga Jarak dan Pakai Masker Juru bicara penanganan corona Achmad Yurianto. ©2020 Merdeka.com/Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Juru Bicara Percepatan Penanganan Corona virus Disease (Covid-19) Achmad Yurianto mengatakan, kasus positif Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 3.293 hingga Kamis (9/4). Menurut Yurianto, terdapat tambahan 337 kasus positif, 30 pasien yang dinyatakan sembuh, dan 40 pasien meninggal hingga hari ini.

Menurutnya, penambahan kasus mencapai 337 pada hari ini merupakan gambaran dari tingkat kedisiplinan masyarakat terkait pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19.

"Gambaran ini sangat menyedihkan untuk kita. Karena kita tahu bahwa penularan di luar masih berlangsung, data yang kita himpun hari ini adalah kurang lebih menggambarkan kondisi masyarakat kita di seminggu yang lalu," ujar Yurianto di Graha BNPB, Kamis (9/4).

Dia menyebut, jika masyarakat mengikuti arahan dari pemerintah terkait jaga jarak, menjaga kebersihan, menggunakan masker, hingga tetap berada di rumah, maka penambahan kasus tidak akan banyak tiap harinya.

"Mudah-mudahan dengan kita menggunakan masker sejak seminggu ini kita bisa melihat hasilnya pada minggu depan. Apakah kepatuhan ini dijalankan dengan baik atau tidak," kata dia.

Pemerintah memang baru beberapa hari ini menggaungkan kewajiban memakai masker bagi semua masyarakat. Masker kain untuk masyarakat yang sehat, masker medis dan N95 untuk tenaga kesehatan yang mereka yang sakit.

"Mari sekali lagi kami mengajak patuh dan disiplin menggunakan masker, patuh dan disiplin mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir, patuh dan disiplin menjaga jarak fisik secara aman, patuh dan disiplin untuk tetap berada di rumah dan tidak bepergian ke mana pun dalam situasi yang sulit ini," kata dia.

Reporter: Fachrur Rozie [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini