Kasus Covid-19 Meningkat, Ketua MPR Minta Pemerintah Perketat Kembali PSBB

Jumat, 10 Juli 2020 14:28 Reporter : Merdeka
Kasus Covid-19 Meningkat, Ketua MPR Minta Pemerintah Perketat Kembali PSBB Bambang Soesatyo. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengatakan, lonjakan kasus positif Covid-19 harus disikapi Tim Gugus Tugas Covid-19 untuk meningkatkan kewaspadaan. Terutama di pusat-pusat keramaian seperti pasar tradisional, stasiun kereta dan angkutan umum.

"Dengan menerapkan kembali sekaligus memperketat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi di setiap daerah, khususnya daerah yang memiliki lonjakan kasus Covid-19 (seperti) Timur, Jawa Barat, dan DKI Jakarta," kata Bamsoet dalam keterangannya, Jumat (10/7).

Dia meminta meningkatkan pengawasan dari pelaksanaan protokol kesehatan di area publik serta menerapkan sanksi tegas bagi masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Hal ini sebagai upaya dalam mendisiplinkan masyarakat mengingat penambahan kasus tersebut disebabkan kurang disiplinnya masyarakat.

"Mendorong pemerintah segera melakukan pembatasan kembali aktivitas sosial ekonomi, terutama kegiatan yang menyebabkan kerumunan massa dan klaster-klaster yang menyebabkan lonjakan kasus Covid-19 sebagai upaya dalam menekan angka kasus Covid-19 di Indonesia," jelas Bamsoet.

Dia juga meminta agar masyarakat memahami kondisi saat ini dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan cara disiplin.

"Mendorong setiap pemerintah daerah/Pemda untuk secara masif dan aktif dalam menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan pencegahan covid-19 untuk menekan laju penularan," tutur Bamsoet.

Baca Selanjutnya: Sebelumnya Juru Bicara Pemerintah Percepatan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini