Kasus Covid-19 Jateng Melonjak, Dinkes Solo Minta RS Tambah Jumlah Tempat Tidur

Senin, 14 Juni 2021 17:19 Reporter : Arie Sunaryo
Kasus Covid-19 Jateng Melonjak, Dinkes Solo Minta RS Tambah Jumlah Tempat Tidur Pasien Covid-19 jalani perawatan intensif di RS Bogor. ©REUTERS/Willy Kurniawan

Merdeka.com - Melonjaknya kasus Covid-19 di sejumlah wilayah Jawa Tengah membuat Pemerintah Kota Solo melakukan langkah antisipatif. Salah satunya meminta pengelola rumah sakit agar menambah jumlah tempat tidur untuk para pasien.

"Tanggal 25 Mei dulu saya sudah mengeluarkan surat agar rumah sakit meningkatkan kapasitas tempat tidur," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo, Siti Wahyuningsih, Senin (14/6).

Menurut Siti, saat ini tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit atau bed occupancy rate (BOR) mencapai 73 persen. Bahkan, lanjut dia, ketersediaan untuk kamar ICU tinggal 4 kamar saja.

"Jumlah kapasitas untuk ICU secara keseluruhan ada 127. Tapi sudah terisi 123 kamar. Untuk 4 ruangan ICU yang tersisa ada di rumah sakit pusat," katanya.

Sementara untuk tempat isolasi biasa sebanyak 636 kamar dan lebih dari setengahnya sudah penuh. Oleh karena itu, dirinya sudah meminta rumah sakit menambah kapasitas inap untuk pasien Covid-19.

"Ruang ICU itu kan tidak mudah, bahkan untuk pasien yang dirawat di ICU saat ini kebanyakan dari luar kota," kata dia.

Siti juga meminta, masyarakat agar selalu waspada terhadap paparan Covid-19, serta mematuhi protokol kesehatan, agar terhindar dari paparan virus.

"Kita tetap harus paham, ada jenis Kudus (varian virus Delta dan Kappa) di Soloraya kan ada. Intinya waspada, bagaimana membetengi dan proaktif. Satgas Covid-19 agar diaktifkan kembali, jogo tonggo juga perlu diaktifkan lagi," papar Siti.

Guna memastikan kondisi pasien, pihaknya juga meminta agar pemeriksaan ditingkatkan. Hal tersebut untuk memastikan apakah pasien cukup dikarantina atau harus dirawat di rumah sakit.

"Assesment harus lebih ditingkatkan, bagi yang merujuk, menerima, dan pengawasan," pungkas Siti. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini