Kasad Jenderal Dudung Minta Prajurit TNI Harus Dekat dengan Polisi

Jumat, 26 November 2021 12:56 Reporter : Ihwan Fajar
Kasad Jenderal Dudung Minta Prajurit TNI Harus Dekat dengan Polisi Kasad Dudung Minta Jajarannya Miliki Imajinasi dan Inovasi. ©2021 Merdeka.com/Istimewa

Merdeka.com - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Dudung Abdurachman meminta anggota TNI AD untuk bersinergi dengan kepolisian. Hal itu disampaikan usai viral perkelahian seorang anggota TNI dengan dua personel polisi lalu lintas (Polantas) di Ambon.

Dudung menegaskan TNI dan Polri harus menjaga harmonisasi agar memberikan rasa aman kepada warga. Dudung mengaku sudah memerintahkan seluruh Panglima Kodam (Pangdam) terkait harmonisasi dengan Polri.

"Seluruh jajaran TNI harus nempel, harus dekat dengan kepolisian. Sehingga setiap ada permasalahan TNI-Polri harus hadir bersama-sama," ujarnya kepada wartawan usai Salat Jumat di Masjid HM Asyik Pettarani Makassar, Jumat (26/11).

Sementara terkait Papua, mantan Pangdam Jaya ini mengecek personel yang bertugas dalam operasi pengamanan daerah rawan (pamrahwan) maupun pasukan di perbatasan untuk wilayah Kodam XVII Cenderawasih. Dudung juga menginstruksikan kepada personel untuk tidak membunuh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) dan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Mereka itu adalah saudara-saudara kita. Lindungi masyarakat Papua yang begitu besar cintanya kepada NKRI," tegasnya.

Mantan Pangkostrad ini meminta kepada personel untuk mengedepankan pendekatan dibandingkan bersikap arogan. KKB perlu dirangkul dan diberi pemahaman tentang NKRI.

"Jangan bertindak arogan, kasar, ciptakan situasi yang harmonis. Tumbuhkan kecintaan rakyat Papua pada TNI AD," kata Dudung.

Sementara kunjungannya di Makassar, Jenderal bintang empat ini menyinggung soal kesejahteraan prajurit. Dia mengaku telah menginstruksikan seluruh Pangdam agar memperhatikan dari sandang, pangan dan papan para prajurit.

"Saya dapat laporan dari Pangdam (XIV Hasanuddin) bahwa kita dapat bantuan juga dari Gubernur Sulsel, ini luar biasa. Saya sudah sampaikan ke Pangdam untuk mengecek rumah-rumah prajurit yang sudah tidak laik agar segera diperbaiki," ucapnya. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini