Karya siswa "Belajar Bersama Maestro" dipamerkan malam nanti di ISBI

Senin, 23 November 2015 13:51 Reporter : Iman Herdiana
Karya siswa Pameran lukisan Basuki Abdullah. ©2015 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Sejumlah seniman nasional akan berkolaborasi dengan siswa-siswi SMA/SMK lewat acara "Pergelaran dan Pameran Hasil Belajar Bersama Maestro" di Kampus Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI/STSI) Bandung, Jalan Buahbatu 212 Bandung, malam nanti, Senin (23/11).

Ketua Pelaksana Koko Sondari menyebutkan, acara yang dimulai pukul 19.30 WIB itu rencananya akan dibuka Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Ia menjelaskan, pagelaran dan pameran tersebut merupakan acara puncak dari program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bernama “Program Belajar Bersama Maestro.”

“Pesertanya adalah para pelajar SMA/SMK, mereka mondok di rumah-rumah para maestro, hasil mondok itu kita pamerkan dan digelar malam nanti,” kata Koko, kepada Merdeka Bandung.

Program Belajar Bersama Maestro melibatkan sejumlah seniman atau maestro di antaranya musisi Purwacaraka, sutradara Aditya Gumay, pematung Nyoman Nuarta, penari Irawati Durban, musisi Gilang Ramadhan, maestro sinden Supadminingtyas, koreografer Didik Ninik Thowok, pelukis Nasirun, maestro karawitan Tan Deseng dan Saung Angklung Udjo.

Melalui para seniman tersebut, pelajar dari berbagai provinsi di Indonesia menimba ilmu. Pelajar yang mengikuti program ini sebanyak 89, yang berasal dari SMA/SMK di berbagai provinsi di Indonesia.

“Jadi nanti malam kegiatannya itu pameran hasil karya mereka selama bareng maestro, ada pagelaran kesenian yang mereka pelajari,” jelasnya.

Sebelumnya, kata dia, 89 pelajar tersebut nginap di rumah masing-masing seniman untuk ikut berkontemplasi. “Program ini dalam rangka mengisi liburan sekolah mereka. Kalau dirata-ratakan mereka nginap 10 hari dengan masing-masing seniman. Mereka ikut berproses atau istilah senimannya, berkontemplasi,” terangnya. [frh]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini