Karya Ciamik Pemuda Tasikmalaya Ubah Sampah Jadi Miniatur Motor

Rabu, 8 Juli 2020 07:04 Reporter : Mochammad Iqbal
Karya Ciamik Pemuda Tasikmalaya Ubah Sampah Jadi Miniatur Motor Miniatur sepeda motor berbahan sampah. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Seorang pemuda asal Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Angga Maulana (32) menyulap sampah menjadi kerajinan bernilai. Sejak tahun 2010, Angga mengubah sampah menjadi miniatur sepeda motor lintas zaman.

Angga yang tinggal di Kampung Mageung, Desa Sirnasari, Kecamatan Sariwangi, membuat replika motor dengan panjang sekitar 10 sentimeter dan tinggi 5 sentimeter. Miniatur tersebut awalnya hanya dibuat untuk memenuhi keinginannya yang tidak bisa membeli motor asli.

Sejak dulu, Angga mengidamkan memiliki sebuah motor klasik dengan merek BMW. Namun lantaran berasal dari keluarga kurang mampu, ia hanya bisa menyimpan mimpinya itu.

Setelah lulus sekolah di tahun 2009, ia mulai mencoba mewujudkan mimpinya. Bukan dengan membeli sepeda motor sungguhan, namun mengeluarkan unek-uneknya dengan membuat miniatur motor. Modalnya hanya barang-barang bekas yang ada di rumahnya.

"Dari dulu saya memang suka motor klasik. Karena tidak punya uang, jadi ya saya buat miniaturnya. Tapi di 2013 saya kenal media sosial Facebook. Saya iseng mengunggah miniatur itu di sana. Ternyata banyak teman yang suka dan memesan. Sekarang menjadi sumber penghasilan saya," ujarnya, Senin (6/7).

Seluruh miniatur sepeda motor yang dibuatnya terbuat dari sampah, atau barang-barang yang tidak lagi terpakai seperti paralon, karet, korek gas hingga kawat. Sampah-sampah tersebut kemudian dibentuk sedemikian rupa menjadi bagian-bagian sepeda motor, mulai dari body hingga mesin lalu disusun menjadi sepeda motor utuh dan dicat sebagai tahapan akhirnya.

miniatur sepeda motor berbahan sampah
©2020 Merdeka.com

Baca Selanjutnya: Berkreasi dengan Sampah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini