Kartu Prakerja Tak Didesain Hadapai Pandemi Corona

Selasa, 28 April 2020 13:38 Reporter : Ahda Bayhaqi
Kartu Prakerja Tak Didesain Hadapai Pandemi Corona kartu prakerja. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, program kartu prakerja tidak pernah didesain untuk menghadapi situasi pandemi virus corona. Dia bilang, program tersebut didesain dari 2019 untuk mengembangkan visi Presiden Joko Widodo terkait sumber daya manusia unggul.

"Tetapi yang penting adalah Prakerja bukan program yang didesain pada masa pandemi. Ini didesain sejak 2019, dan ini adalah keinginan presiden yang punya visi Indonesia 2045 Indonesia menjadi negara maju. Dan maju itu ditentukan oleh SDMnya, dan itu angkatan kerja yang produktif dan punya daya saing. And thats why program kartu prakerja kickin, didesain untuk itu," ujar Denni dalam konferensi pers di kantor BNPB, Selasa (28/4).

Denni mengatakan, program prakerja itu didesain untuk menambah daya saing sumber daya manusia. Namun, karena di tengah pandemi disesuaikan dengan bantuan semi bansos.

Pemerintah memberikan insentif Rp600 ribu kepada peserta kartu prakerja yang dapat digunakan untuk membeli sembako, listrik dan sebagainya. Namun, insentif itu baru cair ketika peserta menyelesaikan pelatihan pertama.

"Program kartu prakerja yang design awal purely untuk kompetensi daya saing, sekarang ada satu misi yaitu untuk mendukung daya beli. Karena itu disebut mini Bansos.

Dia juga bilang, kartu prakerja bukan didesain untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di tengah masa pandemi. Namun, dia yakin akan ada konsekuensinya meski banyak faktor jika bicara pertumbuhan ekonomi.

"Desainnya (prakerja) bukan untuk itu dan kita harus lihat secara objektif kalau pertumbuhan ekonomi itu dipengaruhi oleh banyak hal dan kemudian kalau kita bicara program kartu prakerja dengan anggaran Rp20 triliun itu barang kali sedikit negligible dibanding dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sedemikian besar," kata dia.

Baca Selanjutnya: Utamakan Pendaftar Terdampak Corona...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini