Karhutla Belum Padam, Satgas Minta 2 Helikopter dari Riau & Jambi ke Sumsel

Jumat, 16 Agustus 2019 17:02 Reporter : Irwanto
Karhutla Belum Padam, Satgas Minta 2 Helikopter dari Riau & Jambi ke Sumsel Pemadaman kebakaran hutan di Ogan Ilir. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Kebakaran lahan di Muara Medak, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, belum juga padam sejak tiga hari lalu. Untuk mengoptimalkan pemadaman, dua unit helikopter yang beroperasi di Riau dan Jambi diminta segera dikirim ke Sumsel.

Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan mengatakan, permintaan itu sudah diajukan ke BNPB dan diminta dapat terima agar pemadaman lebih optimal, terutama di Musi Banyuasin. Sejauh ini baru 50 hektare lahan yang berhasil dipadamkan dari ratusan hektare yang terbakar.

"Kita minta bantuan dua helikopter lagi agar bisa ke Sumsel. Angin juga kebetulan sedang kencang sehingga membuat kebakaran semakin meluas," ungkap Irwan, Jumat (16/8).

Menurut dia, sebenarnya satgas pemadam memiliki tujuh pesawat (dua tambahan dari korporat) untuk mengantisipasi dan memadamkan kebakaran lahan di Sumsel. Hanya saja, satu helikopter sedang pemeliharaan sehingga enam yang beroperasi.

"Helikopter yang ada pun harus menangani kebakaran di wilayah lain, untuk di Bayung Lincir hanya empat uang dikerahkan. Jadi perlu ditambah helikopter lagi karena areal terbakar di Bayung Lincir luas," ujarnya.

Menurut dia, helikopter diperlukan karena lokasi terbakar sulit dijangkau tim darat. Hanya saja, bahan bakar helikopter tersebut harus dipindahkan ke Jambi lantaran jarak ke Palembang terlalu jauh.

"Kalau ke Palembang 45 menit, ke jambi 15 menit. Jika dapat izin langsung bergerak," pungkasnya. [ray]

Topik berita Terkait:
  1. Kebakaran Hutan
  2. Palembang
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini