Kapolri Tak Batasi Jumlah Jenderal Polisi Daftar Capim KPK

Selasa, 25 Juni 2019 11:03 Reporter : Merdeka
Kapolri Tak Batasi Jumlah Jenderal Polisi Daftar Capim KPK Kapolri Jenderal Tito Karnavian. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mempersilakan anak buahnya yang berpangkat Perwira Tinggi (Pati) untuk mendaftar menjadi komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid V.

"Saya persilakan kepada anggota Polri yang Pati-nya ini kalau yang mau mendaftar merasa punya kemampuan monggo. Mendaftar itukan boleh banyak, terserah dengan Pansel," ujar Tito di Mabes Polri, Trunojoyo, Jakarta Selatan, Selasa (25/6).

Tito mengaku tak akan membatasi jumlah anggota Polri yang mau mengabdi di lembaga antirasuah. Tito malah berharap jajarannya banyak yang mendaftar.

"Kalau nanti saya membatasi, nanti ada satu sampai dua orang, tiba-tiba enggak lulus ya bagi Polri, ya rugikan," kata dia.

Tito berharap dari lima komisioner KPK jilid V terdapat pimpinan yang berasal dari Polri. Menurutnya, dengan luasnya Tanah Air, maka KPK sangat membutuhkan Polri untuk memberantas tindak pidana korupsi.

"Salah satu mitra yang potensial bagi KPK untuk bekerjasama menangani dan mencegah korupsi ya itu adalah Polri, karena memiliki jaringan sampai dengan ke daerah," kata Tito.

Lagipula, menurut Tito, pimpinan KPK yang berasal dari Polri sejatinya sudah memiliki latar belakang yang baik dalam hal penyelidikan, penyidikan, dan penindakan. Selain itu, Tito menyebut sejarah berdirinya KPK juga terdapat unsur Polri di dalamnya, seperti Taufiequrrachman Ruki, Bibit Waluyo, dan Basaria Panjaitan.

"Polri memiliki kemampuan karena sudah ada anggota yang terlatih di bidang pendidikan korupsi, mereka melakukan kegiatan penyelidikan, mengerti mengenai IT, dan jangan lupa teman-teman KPK juga banyak juga yang dididik di lingkungan pendidikan reserse Polri," kata dia.

Reporter: Fachrur Rozie

Sumber: Liputan6.com [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini