Kapolri Klaim Kebijakan Penyekatan Menurunkan Arus Mudik Lebaran 70 Persen

Rabu, 12 Mei 2021 20:11 Reporter : Merdeka
Kapolri Klaim Kebijakan Penyekatan Menurunkan Arus Mudik Lebaran 70 Persen Kapolri Tinjau Arus Mudik di Pelabuhan Merak. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan, upaya penyekatan pemudik di sejumlah titik jalan dan penyeberangan antar pulau menurunkan tingkat arus mudik sampai dengan 70 persen.

"Dari kegiatan yang ada, kami mendapatkan informasi kalau memang terjadi angka yang cukup tinggi, baik dari dari hasil kegiatan penyekatan ini bisa menurunkan arus mudik dari yang biasa normal sampai hingga 70 persen," kata Sigit saat meninjau penyekatan arus mudik di wilayah Cikarang, Jawa Barat, Rabu (12/5).

Sigit menyebut, pemerintah khususnya Polri tidak bermaksud melarang masyarakat untuk mudik lebaran. Hanya saja, aturan tersebut diterapkan demi menjaga keselamatan rakyat dari penyebaran Covid-19.

"Apabila kita tidak melakukan kegiatan ini dengan baik, maka kebiasaan mudik biasanya akan bersilahturahmi kepada keluarga yang tentunya usianya jauh lebih senior atau jauh lebih lanjut, yang tentunya itu ada resiko apabila terpapar maka resikonya tiga kali lipat daripada yang muda," ujar dia.

Mantan Kabareskrim ini berharap masyarakat dapat lebih memahami kondisi Idulfitri 1442 Hijriah tahun 2021 ini, sebagaimana tahun sebelumnya. Silaturahmi virtual dapat dijalin bersama keluarga meski dengan jarak yang jauh.

"Oleh karena itu sekali lagi kami mohon maaf, kami mohon maklum bagi masyarakat," tandasnya.

Reporter: Nanda Perdana Putra
Sumber: Liputan6.com [gil]

Ingat #PesanIbu

Jangan lupa Selalu Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak Mari Bersama Cegah Penyebaran Virus Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini