Kapolri Jenderal Sigit: Polri akan Tegas Namun Humanis

Rabu, 27 Januari 2021 12:19 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Kapolri Jenderal Sigit: Polri akan Tegas Namun Humanis Presiden Jokowi lantik Listyo Sigit Prabowo jadi Kapolri. ©Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik jadi Kapolri di Istana Merdeka, Jakarta. Usai dilantik dia membeberkan rencana yang akan dilakukan agar Polri dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

"Kami berangkat dari fit and proper, dan dari potret Polri di mata masyarakat dan apa yang jadi harapan masyarakat terhadap polri, tentunya bagaimana menampilkan Polri yang tegas namun humanis," kata Sigit usai dilantik, Rabu (27/1).

Dia akan memastikan Polri bisa memberikan pelayanan secara transparan serta mampu menegakkan hukum yang berkeadilan bagi masyarakat.

"Bagaimana memberikan pelayanaan yang baik, bagaimana kita memberikan pelayanan secara transparan dan bagaimana kita mampu memberikan penegakan hukum secara berkeadilan. Ini merupakan tugas kami ke depan," ungkap Listyo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri di Istana Negara, Rabu 27 Januari 2021. Adapun Listyo menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

Pelantikan dilakukan sekitar pukul 9.30 WIB dengan dengan protokol kesehatan. Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden nomer 5 Polri Tahun 2021 tentang Pengangkatan Kepolisian Negara Republik Indonesia. Jokowi kemudian menanyakan kesedian Listyo Sigit untuk diambil sumpah.

"Demi Tuhan saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya pada bangsa dan negara," kata Sigit. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini