Kapolri Instruksikan Anak Buah Perketat Penyekatan Pemudik, Waspada Malam Hari

Minggu, 9 Mei 2021 15:47 Reporter : Dwi Prasetya
Kapolri Instruksikan Anak Buah Perketat Penyekatan Pemudik, Waspada Malam Hari Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam kunjungan di Pelabuhan Merak. ©2021 Merdeka.com/Dwi Prasetya

Merdeka.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan anak buahnya melakukan penyekatan pemudik. Langkah ini untuk mengantisipasi lonjakan pemudik pada beberapa hari kedepan.

"Saya lihat untuk kegiatan penyekatan di wilayah Banten, untuk arus yang melakukan kegiatan mudik di tahun - tahun sebelumnya kecenderungannya akan semakin ramai pada saat menjelang malam dan menjelang pagi,"ujarnya saat pemaparan di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Minggu (9/5).

Kapolri berharap penyekatan pemudik dapat mencegah penyebaran covid-19. Setiap anggota polisi harus memberikan penjelasan kepada masyarakat.

"Harus disampaikan kepada masyarakat bahwa kegiatan operasi saat ini adalah kegiatan dalam rangka untuk mencegah agar laju ataupun penularan covid ini bisa kita tekan semaksimal mungkin. Agar tidak terjadi perpindahan dari satu daerah ke daerah lain," ujarnya.

Menurutnya, ada peningkatan penularan Covid-19 di beberapa wilayah di Sumatera. Sehingga pengawasan dan penguatan terhadap aturan protokol kesehatan harus betul-betul dilaksanakan. Terutama di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni.

"Saya minta kepada rekan rekan untuk betul betul melaksanakan pengawasan dan penguatan terhadap aturan protokol kesehatan, khususnya yang melalui penyeberangan ASDP," katanya.

Kapolri menambahkan, koordinasi dengan satgas dan rumah sakit rujukan harus dilakukan. Perlu dilakukan tracing orang terdekat bila ditemukan pemudik yang positif.

"Maka dari itu ketersediaan swab antigen harus cukup, dan koordinasi dengan rumah sakit rujukan harus betul-betul dikuti dan dipantau. Kemudian kendaraan yang harus dipersiapkan yang cukup mobil ambulans ini menjadi penting untuk keselamatan bagi yang lain," tutupnya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini