Kapolri: Dari tahi lalat dan wajah, sudah 95 persen dia lah Santoso

Selasa, 19 Juli 2016 15:18 Reporter : Supriatin
Kapolri: Dari tahi lalat dan wajah, sudah 95 persen dia lah Santoso Jenazah diduga Santoso. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Polisi meyakini pimpinan kelompok bersenjata mujahidin Majelis Indonesia Timur (MIT) Santoso, tewas dalam baku tembak dengan satuan tugas operasi Tinombala di wilayah pegunungan desa Tambarana, Pesisir Utara Poso, Sulawesi Tengah, kemarin.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menuturkan, untuk memastikan bahwa korban tewas adalah Santoso, perlu dilakukan tes DNA.

"Tetap dilakukan untuk akurasinya 100 persen tidak diragukan lagi. Siapa tahu nanti ada yang ganti wajah gitu," ungkap Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (19/7).

Mantan Kapolda Metro Jaya ini menjelaskan, tes DNA biasanya dilakukan jika kondisi jenazah dalam keadaan rusak, membusuk atau wajahnya sudah tak dikenali lagi. Tapi untuk kali ini Tito memiliki keyakinan korban tewas adalah Santoso. Keyakinan itu dilihat dari ciri fisik jenazah yang masih utuh.

"Kalau kita lihat badannya, mukanya kelihatan utuh, wajahnya utuh. Tanda-tanda tubuhnya yang khas seperti tahi lalat, dan lain-lain kelihatannya sama lah. Sehingga kemungkinan besar mendekati 95 dia lah Santoso," ucapnya.

Tidak hanya dari ciri fisik, keyakinan Tito bahwa korban tewas adalah Santoso diperoleh dari saksi lain.

"Sekali lagi dari anggota yang mengenali, yang bersangkutan karena pernah ditangkap kemudian dari beberapa saksi yang lain sudah mendekati 95 persen dia lah Santoso," katanya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini