Kapolda Metro Irjen Fadil Imran Dinilai Berpeluang Gantikan Idham Azis Jadi Kapolri

Jumat, 8 Januari 2021 08:41 Reporter : Tim Merdeka
Kapolda Metro Irjen Fadil Imran Dinilai Berpeluang Gantikan Idham Azis Jadi Kapolri Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Cengkareng. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Masa bakti Kapolri Jenderal Idham Azis akan berakhir pada 25 Januari mendatang. Sejumlah nama digadang-gadang menjadi calon pemegang tongkat komando Polri menggantikan Jenderal Idham Azis.

Spekulasi pengganti kepala kepolisian pun mengerucut ke sejumlah Pejabat Tinggi (Pati), dari pangkat Komjen hingga Irjen. Salah satunya Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran.

Pengamat Kepolisian Bambang Rukminto mengatakan, jenderal bintang dua seperti Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran masih memiliki peluang untuk turut andil dalam persaingan di bursa calon kapolri. Walaupun saat ini, sejumlah nama yang beredar sebagai calon kapolri adalah jenderal bintang 3.

"Peluang selalu ada mas karena Presiden Jokowi ini tak bisa ditebak maunya," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (7/1).

Meski ada peluang, Bambang menyebut peluang itu kecil kalau melihat masalah senioritas di tubuh Polri. Menurut dia, tidak ada urgensinya untuk memotong generasi dengan mengangkat jenderal junior sebagai pucuk pimpinan tertinggi. Dia khawatir kalau itu terjadi justru akan membuat internal Polri bergejolak.

"Karena akan memunculkan resistensi di internal oleh seniornya. Dan ini butuh energi dan waktu yang tak sedikit untuk mengonsolidasikan. Lebih baik energi itu digunakan untuk pembenahan internal, membangun organisasi Polri modern di masa depan," jelas Bambang.

Bambang menyarankan agar seleksi calon Kapolri diperketat "Misalnya rekam jejak jabatan dua kali Kapolda, pendidikan harus Sespimti, prestasi, senioritas, pengalaman di berbagai bidang, itu yang harus jadi perhatian," kata dia.

Baca Selanjutnya: Profil Fadil Imran...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini