Kapolda Metro: Begal Sepeda Fenomena Kriminalitas Baru di Jakarta

Selasa, 3 November 2020 16:31 Reporter : Bachtiarudin Alam
Kapolda Metro: Begal Sepeda Fenomena Kriminalitas Baru di Jakarta Perwira TNI jadi Korban Begal Sepeda. Instagram/@cetul22 ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Nana Sudjana mengimbau masyarakat agar lebih hati-hati, terutama saat melakukan aktivitas bersepeda di ruas jalan Ibu Kota yang belakang menjadi tempat rawan terjadinya aksi begal.

Menurutnya, aksi kriminalitas begal sepeda merupakan fenomena baru di dalam dunia kriminalitas. Ia mengatakan modus begal awalnya hanya terjadi pada pengguna kendaraan bermotor.

"Aksi kriminalitas begal sepeda merupakan fenomena baru di dalam dunia kriminalitas. Modus begal awalnya hanya terjadi pada pengguna kendaraan bermotor," kata Nana saat konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (3/11).

Nana menyampaikan fenomena begal sepeda ini cukup meresahkan masyarakat, terlebih saat Pandemi Covid-19 animo masyarakat untuk bersepeda sangatlah tinggi.

Bahkan, Nana menyebutkan kejadian begal sepeda yang terjadi antara September sampai November sudah ada 12 laporan yang masuk. Namun demikian menurutnya masih banyak yang belum melaporkan kepada kepolisian.

"Seringnya pembegalan di PMJ (Polda Metro Jaya) dan Polres langsung bereaksi apalagi kita lihat sering berulang dan viral. Kami langsung bentuk tim khusus pengungkapan begal sepeda. Tim khusus ini preemtif, preventif dan represif," tuturnya.

Oleh sebab itu, ia menyarankan beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pesepeda, agar tak memancing niat jahat para begal untuk melancarkan aksinya.

"Masyarakat setiap bersepeda jangan sendirian tapi ada beberapa orang atau berkelompok tapi tetap jaga jarak karena masih pandemi. Kedua hindari juga sepeda malam hari, karena suasana gelap akan memancing pelaku untuk lakukan aksi pembegalan tersebut," tuturnya.

"Kemudian saya harapkan juga saat olahraga tidak perlu bawa barang berharga. Hp memang dianggap barang berharga. Jadi sebaiknya tidak perlu bawa hp kalau terpaksa ditempatkan yang tidak terlihat oleh orang tersebut," sambungnya.

Baca Selanjutnya: Polisi Ringkus 10 Pelaku Begal...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini