Kapolda Jateng terima gelar KPH dari Raja Mangkunagoro IX

Jumat, 29 September 2017 21:28 Reporter : Arie Sunaryo
Kapolda Jateng terima gelar KPH dari Raja Mangkunagoro IX Kapolda Jateng dan prosesi Jumenengan. ©2017 Merdeka.com

Merdeka.com - Istana Mangkunegaran atau yang biasa disebut Pura Mangkunegaran, hari ini memperingati ulang tahun kenaikan tahta atau jumenengan sang raja KGPAA (Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo) Mangkunegara IX. Raja Mangkunegara IX hari ini, Jumat (29/9) genap 30 tahun bertahta.

Dalam Jumenengan yang selalu diperingati setiap tanggal 9 bulan Suro, penanggalan Jawa siang tadi, KGPAA Mangkunegara IX, berkenan memberikan kekancingan atau gelar kepada sejumlah abdi dalem dan tokoh masyarakat. Sebanyak 9 tamu khusus diberikan gelar kehormatan, diantaranya
Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono.

"Salah satu yang diberi gelar adalah Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono. Gelarnya Kanjeng Pangeran Haryo (KPH)," ujar Panitia Acara, Joko Pramudyo, seusai acara di Pendapi Ageng Istana Mangkunegaran.

Joko menjelaskan, selain Kapolda Jateng, 8 gelar lainnya diberikan untuk kerabat hingga pengacara. Gelar, lanjut dia, diberikan kepada seseorang yang dianggap memiliki dedikasi dan loyalitas terhadap raja dan Istana Mangkunegaran.

Dalam kesempatan tersebut Raja Mangkunegara IX, menyaksikan tarian sakral Bhedaya Anglir Mendhung. Serangkaian acara lainnya adalah doa syukur, resepsi dan seminar bersama budayawan MH Ainun Najib atau Cak Nun yang diadakan di Pamedan pada Jumat malam.

"Kalau di Pamedan (lapangan) acaranya pembekalan mengenai ahlaq dan budaya berkaitan dengan kepribadian, berkebudayaan, didampingi dengan agama serta untuk masyarakat umum," jelasnya.

Peringatan ulang tahun kenaikan tahta atau merupakan salah satu tradisi yang terbalut dalam upacara adat sakral kerajaan yang rutin digelar setiap tahunnya. Jumenengan KGPAA Mangkunegara IX yang selalu diperingati setiap tanggal 9 bulan Suro, penanggalan Jawa. Pendapi Agung Pura Mangkunegaran, Bangsal Pringgitan, dan Dalem Ageng Pura Mangkunegaran, menjadi lokasi tempat digelarnya seluruh prosesi jumenengan. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini