Kapolda Jabar Minta Panitia Acara Keagamaan Lapor Sebelum Gelar Acara

Selasa, 15 September 2020 19:52 Reporter : Aksara Bebey
Kapolda Jabar Minta Panitia Acara Keagamaan Lapor Sebelum Gelar Acara Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi. ©2019 Merdeka.com/Rasyid Ali

Merdeka.com - Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi mengaku siap melaksanakan pengamanan acara keagamaan. Hal ini merupakan tindak lanjut dari peristiwa penusukan yang dialami Syekh Ali Jaber di Lampung beberapa waktu lalu.

Kebijakan pengetatan pengamanan acara keagamaan pun sudah diatur dalam telegram yang dikeluarkan As Ops Kapolri. Ia meminta para panitia penyelenggara bisa berkoordinasi dengan pihak kepolisian mengenai acara yang akan diselenggarakan.

"As Ops Kapolri mengeluarkan telegram khusus untuk seluruh internal di seluruh Indonesia untuk melaksanakan pengamanan. Jadi kalau mau diamankan beritahukan kita, kalau enggak kan enggak tahu kita. Semua yang memberitahukan ke kita, kita amankan," kata dia, Selasa (15/9).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil pun sudah meminta langsung mengenai pengetatan keamanan acara keagamaan kepada Rudy dan Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Terpisah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat, Rachmat Safe’i mengutuk keras insiden penusukan terhadap Syekh Ali Jaber di Masjid Falahuddin, Bandar Lampung, Minggu 13 September 2020 lalu.

Ia mendesak penegak hukum, mengusut tuntas sekaligus membongkar motif penusukan serta aktor intelektual di balik insiden tersebut. Ia menilai peristiwa serupa sudah terjadi.

"Anggapan orang gila yang kerap dialamatkan kepada pelaku kejahatan terhadap ulama akhirnya menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat. Harus dibuktikan secara rasional dan logis. Kepolisian harus profesional, jangan mudah percaya," tegas dia.

Di sisi lain, ia mengimbau tokoh agama untuk meningkatkan kewaspadaan agar peristiwa penusukan atau hal yang membahayakan terjadi kembali.

"Jangan takut dan merasa diawasi karena itu bagian dari protokol keamanan," katanya. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Syekh Ali Jaber
  3. Jawa Barat
  4. Bandung
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini