Kapasitas Penuh, Bekasi Kini Sediakan Ruang ICU di RSUD Tipe D untuk Pasien Covid-19

Rabu, 20 Januari 2021 14:00 Reporter : Adi Nugroho
Kapasitas Penuh, Bekasi Kini Sediakan Ruang ICU di RSUD Tipe D untuk Pasien Covid-19 Ruang isolasi Covid-19 di Stadion Patriot. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat menambah fasilitas ICU di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D khusus untuk pasien Covid 19 di wilayahnya. Hal ini menyusul ruang perawatan dengan fasilitas tersebut di seluruh rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta penuh per Senin kemarin.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Rina Oktavia mengatakan, pemerintah daerah memiliki tiga RSUD Tipe D di antaranya di Kecamatan Jatisampurna, Bantargebang, dan Pondok Gede. Dari ketiganya, hanya di Pondok Gede yang sudah dioperasikan.

"Untuk ICU isolasi RSUD klas D Jatisampurna Rabu mulai operasional dan HCU nya sudah siap untuk menerima pasien Covid 19," kata Rina, Rabu (20/1).

Sementara itu, di RSUD Bantargebang masih dalam persiapan. Pemerintah Kota Bekasi mengonfirmasi sebanyak 85 fasilitas ICU khusus pasien Covid 19 di seluruh rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta terisi semua sejak Senin kemarin. Selain menambah fasilitas, pemerintah juga berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan di luar Kota Bekasi.

"Untuk koordinasi ke RS luar Kota Bekasi terkait ruang ICU isolasi selalu kami lakukan. Memang saat ini baik ICU isolasi RS DKI dan RS Kabupaten Bekasi dalam keadaan full," kata Rina.

Dilansir dari situs corona.bekasikota.go.id, jumlah kasus Covid 19 di Kota Bekasi terus menanjak setiap harinya, sekarang secara kumulatif sudah mencapai 19.610 kasus, di mana kasus aktif yang menjalani isolasi mandiri dan dirawat di rumah sakit tercatat 1.601 pasien.

Sementara itu, pasien dinyatakan sembuh sebanyak 17.682, adapun pasien meninggal dunia mencapai 327 orang. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini