Kapal Pengangkut 24 Penumpang Tenggelam di Ende, Seorang Balita Meninggal Dunia

Minggu, 4 April 2021 06:00 Reporter : Yan Muhardiansyah
Kapal Pengangkut 24 Penumpang Tenggelam di Ende, Seorang Balita Meninggal Dunia Evakuasi korban tenggelamnya KM Empat Bersaudara.

Merdeka.com - Kapal Motor (KM) Empat Bersaudara yang mengangkut 24 penumpang tenggelam dalam pelayaran dari Pulau Ende menuju Kampung Numba Basa Ende, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (3/4). Seorang penumpang yang masih berusia balita meninggal dunia dalam peristiwa ini.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana mengatakan, peristiwa kecelakaan laut itu diketahui setelah adanya laporan dari Irmawati warga Ende pada pukul 12.30 Wita. KM Empat Bersaudara dilaporkan tenggelam sekitar 2,29 mil laut dari Pelabuhan Pulau Ende, Pulau Flores.

Berdasarkan keterangan saksi, KM Empat Bersaudara diberangkatkan dari Pulau Ende pada pukul 11.15 Wita. Dalam perjalanan menuju Kampung Numba, kapal diterjang ombak dengan ketinggian 1-2 meter. Air laut memenuhi lambung kapal dan akan tenggelam sehingga seluruh penumpang langsung melompat menyelamatkan diri.

"Setelah menerima informasi mengenai adanya peristiwa tenggelamnya KM Empat Bersaudara, kami langsung melakukan koordinasi dengan potensi SAR lainnya di Kabupaten Ende dan Lanal Maumere," jelas Sudayana.

Tim SAR Ende, Kepolisian, TNI AL langsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan penyelamatan. Sebanyak 20 unit perahu nelayan juga terlibat dalam upaya itu.

Mereka berhasil menyelamatkan 23 penumpang. Namun malang, seorang balita ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

"Para penumpang yang selamat langsung dievakuasi tim SAR ke Puskesmas Ende di Pulau Ende, Kabupaten Ende untuk mendapat perawatan," jelas Sudayana.

Terdapat 6 penumpang yang dirawat di Puskesmas Ende. Sisa 18 penumpang lainnya telah dijemput anggota keluarganya.

Sudayana mengapresiasi kerja sama yang baik kepada seluruh potensi SAR gabungan dan nelayan Pulau Ende yang aktif dalam operasi penyelamatan di tengah hujan deras dan angin kencang yang melanda daerah itu. [yan]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kapal Tenggelam
  3. NTT
  4. Ende
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini