Kapal Hancur Tabrak Ponton, Satu ABK Tenggelam di Sungai Mahakam

Rabu, 14 Oktober 2020 21:34 Reporter : Saud Rosadi
Kapal Hancur Tabrak Ponton, Satu ABK Tenggelam di Sungai Mahakam kapal nelayan. ©2012 Merdeka.com/aris andrianto

Merdeka.com - Insiden terjadi di perairan Sungai Mahakam, kawasan Sungai Kapih, siang tadi. Kapal motor kayu hancur usai menabrak ponton. Peristiwa itu juga membuat satu anak buah kapal (ABK) Tanjung Pura XIX, Alwi, tenggelam.

Kejadian itu kira-kira pukul 12.30 WITA. Alwi, bersama seorang rekannya berlayar menggunakan kapal motor, yang kerap disebut kapal klotok, menuju kapal Tanjung Pura XIX.

Diduga saat klotok melaju, motoris kehilangan kendali. Akibatnya, klotok menghantam baja bodi kapal Tanjung Pura XIX dan hancur. Seketika, 3 orang di atas klotok tercebur di sungai.

"Ya, benar. Korban ini mau mengambil kunci jangkar. Klotok masuk ke bawah ponton dan hancur," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Melkianus Kotta, dalam penjelasan Rabu (14/10).

Kasi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Octavianto, menambahkan ketiga orang yang tercebur ke sungai sempat berenang menyelamatkan diri.

"Tapi, dua orang selamat dari motoris atau juragan kapal dan rekan ABK korban, sadar kalau Alwi menghilang," ujar Octavianto.

Warga sekitar dan relawan sempat melakukan pencarian terhadap korban. Namun belum membuahkan hasil.

"Jadi, 2 selamat dan satu korban dalam pencarian adalah Alwi," tambah Octavianto.

Dijelaskannya, tim Basarnas Unit Siaga SAR Samarinda sudah diterjunkan ke lokasi untuk bergabung dalam operasi pencarian Alwi.

"Kami bawa peralatan SAR air. Korban masih dalam pencarian bersama Polair, KSOP hingga relawan di Samarinda," demikian Octavianto. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kapal Tenggelam
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini