Kantor Disdukcapil Palembang Terbakar, Komputer dan Berkas Hangus

Rabu, 17 November 2021 19:26 Reporter : Irwanto
Kantor Disdukcapil Palembang Terbakar, Komputer dan Berkas Hangus Kebakaran di kantor Disdukcapil Palembang, Rabu (17/11). ©2021 Merdeka.com/Irwanto

Merdeka.com - Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Palembang terbakar, Rabu (17/11). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sejumlah komputer dan berkas penting hangus dilalap api.

Sebelum kebakaran, para pegawai mendengar ledakan di ruang server yang berada di lantai dua sekitar pukul 15.30 WIB. Ledakan itu diikuti api dan dengan cepat menyambar ke sekitarnya.

Lima unit mobil pemadam diterjunkan untuk memadamkan api. Satu jam kemudian api dipadamkan dan petugas langsung melakukan pendinginan. "Api sudah padam, tinggal pendinginan saja. Yang terbakar di lantai dua, itu yang paling parah," ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Palembang, Dicki Tatung.

Seorang petugas mengalami cedera akibat terkena uap panas. Namun, dia sudah mendapat penanganan medis.

Dicki menduga api muncul akibat korsleting listrik di ruang server. Banyaknya berkas yang mudah terbakar membuat api dengan cepat menyambar ke sekitarnya.

"Dugaan sementara dari ruang server, ledakan karena ada korsleting listrik. Untuk pastinya akan diselidiki tim Labfor," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Palembang Dewi Isnaini mengatakan, ledakan terjadi ketika ia menggelar rapat internal di lantai tiga. Mereka kaget mendengar ledakan kuat, sehingga seluruh pegawai berhamburan menyelamatkan diri.

"Kami lihat asap banyak di ruang server, kemungkinan dari sana, tidak tahu pasti karena kami langsung turun," kata dia. Dari hasil identifikasi, kebakaran itu menyebabkan beberapa unit komputer terbakar dan sejumlah berkas penting. "Di sana memang banyak berkas," pungkasnya.

Baca juga:
Polisi Ambil Sampel Sisa Fluida Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap
Diduga Sebabkan Kebakaran 37 Rumah di Jakut, Seorang Warga Diamankan Polisi
Kebakaran Pabrik Penggilingan Kapas di Pasar Rebo

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini