Kalsel masuk zona merah penyebaran rabies, ratusan hewan peliharaan divaksin

Senin, 11 September 2017 08:12 Reporter : Mardani
Kalsel masuk zona merah penyebaran rabies, ratusan hewan peliharaan divaksin Polisi Meksiko latih anjing liar. ©REUTERS/Daniel Becerril

Merdeka.com - Ratusan hewan peliharaan di Desa Warukin, Kecamatan Tanta, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mendapatkan vaksinasi untuk mencegah penyakit rabies. Kalimantan Selatan termasuk zona merah dalam daftar penyebaran virus rabies menyusul banyak populasi anjing, kera, dan kucing liar.

"Setelah divaksinasi, para pemilik hewan peliharaan itu mendapatkan kartu vaksinasi untuk memudahkan petugas mengontrolnya," kata Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan Kabupaten Tabalong Pono Adianto, Senin (11/9).

Pemberian vaksinasi secara berkala terhadap hewan peliharaan, menurut dokter hewan Mega Indah Suryani, sebagai upaya meminimalkan virus rabies di Kabupaten Tabalong khususnya.

Data pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong tahun lalu kasus gigitan hewan mencapai 22, mencakup Kecamatan Upau, Tanta, dan Murung Pudak.

Sebelumnya, pemberian vaksin juga dilakukan terhadap hewan peliharaan di Kecamatan Haruai, Jaro, Upau, dan Murung Pudak. Secara terpisah, Ketua RT 3, Kelurahan Mabuun Salman juga mengeluhkan banyak anjing liar yang ada di sekitar perumahan warga dan berharap pemerintah daerah bisa menanganinya.

"Keberadaan anjing liar memang cukup mengganggu karena dikhawatirkan bisa menyerang warga, mengingat bisa membawa virus rabies," ujar Salman. [dan]

Topik berita Terkait:
  1. Penyakit Rabies
  2. Jakarta
  3. Virus
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini