'Kalau survei digelar di desa, PKB pasti menang'

Selasa, 24 Juli 2012 16:45 Reporter : Muhammad Sholeh
'Kalau survei digelar di desa, PKB pasti menang' Marwan Ja'far. merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Berdasar survei Litbang Kompas, fenomena mengejutkan terjadi di partai menengah, yakni PKS, PAN, PPP dan PKB. Partai berhaluan Islam itu hanya mendapat suara masing-masing, 2,5 persen, 1,8 persen, 1 persen dan 0,4 persen.

"Dua bulan menjelang pemilu 2009 yang lalu, Kompas bikin survei atau penelitian juga, bahwa PKB nggak lolos PT, waktu itu konflik. Tapi, alhamdulillah PKB lolos 5 persen pemilu lalu. Itupun dengan sisa-sisa kekuatan," ungkap Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar kepada wartawan di Gedung Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (24/7).

"Pemilu yang akan datang, kita persiapannya matang, solid, dan membangun rekonsiliasi seluas-luasnya, insya Allah 10 persen," lanjutnya.

Selanjutnya, menurut Marwan, kalau respondennya hanya kurang lebih 1.200-an, bukan menjadi ukuran survei. Apalagi di perkotaan.

"Kalo di desa-desa, insya Allah PKB jauh lebih unggul. PKB sudah punya captive market, yaitu warga nahdliyin dan anak-anak muda yang rasional," kata Marwan.

"Kalau yang menyurvei PKB insya Allah melesat. Karena massa PKB tidak bisa dijangkau survei. Responden 1.200-an bukan ukuran secara keseluruhan. Survei itu tidak bisa untuk menggeneralisasi," tandasnya. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Survei
  3. PKB
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini