Kakorlantas Minta Pemudik Tak Berlama-lama di Rest Area

Minggu, 16 Desember 2018 21:16 Reporter : Merdeka
Kakorlantas Minta Pemudik Tak Berlama-lama di Rest Area Kepadatan pemudik di rest area tol cikampek. ©2018 Merdeka.com/Nur Habibie

Merdeka.com - Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri mengimbau pemudik bijak menggunakan tempat peristirahatan atau rest area di tol selama mudik Lebaran 2019. Bukan tanpa alasan. Temuan di lapangan menunjukkan, salah satu sumber kemacetan terjadi saat volume rest area melampaui batas.

"Jadi mereka (diharap) tidak lama-lama (di rest area) dan yang kita sampaikan kepada masyarakat, walaupun pada area tertentu disiapkan bahan bakar, diharapkan mengisi bahan bakar di titik pergerakan (tipe rest area yang hanya untuk isi BBM tanpa fasilitas penjual makanan)," kata Irjen Refdi dalam diskusi bertema Mudik Selamat Guyub Rukun oleh Teraskita, di Crowne Plaza, Semanggi Jakarta Selatan, Kamis (16/5).

Jenderal bintang dua ini menjelaskan, pemberlakuan sistem satu arah bagi pemudik pengguna Tol TransJawa juga secara tidak langsung menambah akses rest area di dua titik, kiri dan kanan. Dia kembali mengimbau agar pengguna jalan tidak memaksakan masuk ke rest area yang sudah penuh. Bisa mencari rest area di KM berikutnya yang lebih lengang.

"Arah menuju Jakarta hingga Jawa Barat bisa kita manfaatkan adalah rest area dua-duanya artinya, itu dua-duanya dimanfaatkan jalur a dan b itu seimbang," jelas Irjen Refdi.

Imbauan terakhir, Irjen Refdi menegaskan kepada pengendara untuk tidak menggunakan bahu jalan sebagai tempat beristirahat. Sebab, bahu jalan adalah jalur khusus yang dikondisikan untuk keperluan mendesak.

"Anggota di lapangan telah mengatur dan siap memberikan arahan ke tempat memiliki fasilitas memadai untuk beristirahat. Bahu jaln pada kedua lajur ini betul kita bisa manfaatkan untuk pergerakan lalu lintas," ucapnya.

Reporter: Muhammad Radityo [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini