Kabut Asap Makin Buruk, Kemensos Siapkan 15 Safe House di Riau

Selasa, 17 September 2019 10:16 Reporter : Merdeka
Kabut Asap Makin Buruk, Kemensos Siapkan 15 Safe House di Riau Kabut asap di Pekanbaru. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Kabut asap imbas kebakaran hutan di sejumlah daerah di Riau makin buruk hingga mengancam kesehatan warga. Pemerintah bergerak dengan menyiapkan beberapa safe house sebagai tempat pengungsian bagi warga.

"Kami siapkan beberapa safe house, di mana para warga yang terdampak bisa mengungsi," Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Liputan6.com, Selasa (17/9).

Agus mengatakan, safe house tersebut dipastikan bebas asap. Fasilitas yang disiapkan di safe house antara lain terapat air purifier yang ideal dengan luas ruangan, tabung gas oksigen.

Seluruh ruangan tertutup agar asap tidak masuk dan terdapat velbed serta tersedia SDM layanan dukungan psikososial dan tim medis.

"Safe house tersebut tentunya harus bebas asap, dan dilengkapi peralatan seperti air purifier. Dan tentu logistik," ujarnya.

Rencananya, pemerintah akan menyiapkan sekitar 15 safe house di kawasan Riau. Safe house disiapkan bekerja sama dengan kementerian maupun instansi dan pemda terkait antara lain Kemenkes, Kementerian PUPR, BNPB, TNI, Polri, BPBD, Dinas Sosial Provinsi dan kabupaten/kota.

"Kemensos bekerja sama dengan Dinsos. Dan sekarang sudah tersedia 15 safe house yang tersebar di Riau," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini