Kabut asal selimuti Riau, 42 penerbangan dibatalkan

Selasa, 11 Maret 2014 16:43 Reporter : Abdullah Sani
Kebakaran hutan Riau. ©AFP PHOTO/Satgas Bencana Indonesia

Merdeka.com - Kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan di Riau mengakibatkan sejumlah maskapai frustasi. Beberapa maskapai terpaksa membatalkan penerbangan di Bandara Internasional Sutan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau.

"Jarak pandang di lintasan 2.000 meter dan itu normal. Sebagai pelajaran dari hari sebelumnya, beberapa maskapai sudah membatalkan penerbangannya, supaya penumpang tidak terlantar," kata Airport Duty Manager SSK II Ibnu Hasan kepada wartawan di ruangannya, Selasa (11/3).

Menurut Ibnu, sudah ada 42 penerbangan yang dibatalkan sejumlah maskapai. Namun pembatalan itu didominasi oleh maskapai Lion Air, yaitu 22 penerbangan Lion Air tujuan Medan dan kota lainnya di Indonesia.

"Hari ini, cuma dua penerbangan Lion Air yang beroperasi. Rutenya dari Pekanbaru tujuan Jakarta dan dari Jakarta tujuan Pekanbaru. Penerbangan ke Medan ditiadakan Lion Air. Pembatalan sudah diberitahukan kemarin," jelas Ibnu.

Tak hanya Lion Air, Maskapai Garuda Indonesia juga melakukan hal serupa. Dari 12, hanya 6 penerbangan yang dilakukan. Sisanya dibatalkan.

"Tujuan yang dibatalkan itu masih Medan. Yang berangkat itu hanya pesawat tujuan Jakarta," terang Ibnu.

Selain Garuda Indonesia, kata Ibnu, maskapai Sky Aviation dan Batik Air juga meniadakan penerbangan. "Jadi, yang terbang itu hanya Citilink, Air Asia, Mandala Tiger Air, dua penerbangan Lion Air dan enam penerbangan Garuda Indonesia, selebihnya dibatalkan," kata Ibnu.

Sejauh ini, sudah ada sekitar 14 kedatangan dan keberangkatan di Bandara Internasional SSK II Pekanbaru. Beberapa di antaranya masih delay atau ditunda.

"Sisa penerbangan karena pembatalan hanya 32 penerbangan. Kemungkinan tidak ada kendala karena jarak pandang normal," kata Ibnu.

Menurut Ibnu, pihak bandara sudah dirugikan dengan pembatalan. Kerugian itu dihitung dari biaya parkir pesawat, biaya kedatangan, keberangkatan dan sejumlah pegawai lainnya. [dan]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini