Kabupaten Pesisir Selatan Sabet 3 Penghargaan di Bidang Lingkungan

Senin, 14 Januari 2019 17:01 Reporter : Hery H Winarno
Kabupaten Pesisir Selatan Sabet 3 Penghargaan di Bidang Lingkungan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dan istri menerima Piala Adipura. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menerima tiga penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Tiga penghargaan ini adalah yakni Adipura untuk kategori kota kecil dan dua penghargaan Green Leadership.

Bupati Hendrajoni mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Pesisir Selatan, jajaran Pemda dan semua pihak terkait atas raihan positif ini. Tahun sebelumnya Hendrajoni juga memboyong piala Adipura.

"Ini hasil kerja keras kita bersama seluruh warga Pessel khususnya karena tidak mudah mendapatkan penghargaan Adipura ini. Seperti kita tahu banyak daerah di Indonesia yang tidak mendapat penghargaan ini," ujar Hendrajoni usai menerima penghargaan Adipura dari Wakil Presiden Jusuf Kalla di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta (14/1/2019).

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni dan istri menerima Piala Adipura 2019 Merdeka.com

Menurut Hendrajoni, tidak mudah untuk memperoleh Adipura. Semua stake holder dan warga masyarakat harus bahu membahu membuat wilayah sebersih dan senyaman mungkin.

"Kita selalu mengontrol ke lapangan. Kita cek apakah benar sudah bersih. Kita turun ke lapangan bagaimana agar sampah-sampah itu hilang. Kita juga berhubungan dengan semua instansi terkait untuk menjadikan bersih itu sebagai budaya kita," ujarnya Bupati Hendrajoni yang didampingi sang istri tercinta, Lisda Hendrajoni.

Selain Adipura, dalam kesempatan tersebut Pesisir Selatan juga menyabet penghargaan Green Leadership. Penghargaan tersebut diberikan kepada Bupati Hendrajoni dan Ketua DPRD Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putra, atas penghargaan sebagai Pimpinan DPRD Kabupaten se-Indonesia yang berorientasi Green Leadership tingkat Nasional tahun 2018.

"Tidak mudah mendapatkan ini. memang perlu ketegasan dari pemimpin soal menjaga lingkungan. Di tempat kami tak adalagi itu pembalakan liar," ujar Hendrajoni.

Ketua DPRD Pessel Dedi Rahmanto mengatakan bahwa penghargaan yang dia terima ini merupakan usaha keras bersama seluruh DPRD.

"Keberhasilan DPRD kabupaten Pesisir Selatan meraih penghargaan Green Leadership tahun 2018 ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak dukungan dari seluruh Anggota DPRD kabupaten Pesisir Selatan yang berusaha bekerja sebaik mungkin dan penghargaan yang kami terima bentuk dari kesulitan kami DPRD Pesisir Selatan dalam bekerja untuk Masyarakat. Saya selaku Ketua DPRD kabupaten Pesisir Selatan mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada masyarakat Pesisir Selatan. Penghargaan ini untuk kita semua masyarakat Pesisir Selatan," ujar Dedi.

Rencananya tiga piagam bergengsi itu akan diarak keliling Kota Pesisir Selatan pada Selasa (25/1) besok. Arak-arakan akan diikuti pejabat daerah setempat dan masyarakat umum yang ingin ikut serta. Piala Adipura itu akan dinanti di terminal kedatangan Bandara Internasional Minangkabau. Selanjutnya Piala Adipura akan diarak hingga ke Painan, ibu kota kabupaten setempat. Berikutnya, Jumat (18/1) Piala Adipura akan kembali di arak ke Tapan, Kecamatan Basa IV Balai Tapan. [hhw]

Topik berita Terkait:
  1. Adipura
  2. Painan Pesisir Selatan
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini