Kabupaten Lumajang Masuk Zona Merah Covid-19 di Jawa Timur

Rabu, 18 November 2020 15:01 Reporter : Erwin Yohanes
Kabupaten Lumajang Masuk Zona Merah Covid-19 di Jawa Timur Ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menjadi daerah yang berada pada zona merah Covid-19. Sebelumnya daerah ini masuk pada zona oranye selama satu bulan lebih. Berdasarkan data Dinas Kominfo Jatim sejak Senin (16/11) hingga Selasa (17/11), Kabupaten Lumajang berubah status dari zona oranye menjadi zona merah.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Timur dr Makhyan Jibril mengatakan, di Kabupaten Lumajang penambahan kasus Covid-19 memang meningkat dalam sepekan terakhir. Penambahan tersebut terjadi hampir dua kali lipat.

"Tambahan kasus biasanya sekitar 60-an, tiba-tiba menjadi 105 dalam sepekan, artinya ada kenaikan yang cukup mendadak," katanya, Rabu (18/11).

Demikian juga dengan angka kematian, yang biasanya hanya terjadi 5-7 angka kematian dalam sepekan, tiba-tiba naik menjadi 15 angka kematian.

Ia juga menyebut, dari hasil survei gugus tugas menunjukkan, Lumajang juga salah satu daerah dengan kepatuhan memakai masker dan jaga jarak terendah di Jawa Timur. Kepatuhan memakai masker di Lumajang sekitar angka 45,34 persen. "Sementara daerah lain sudah diangka 7 bahkan 8," terangnya.

Karena itu dia berharap, Kabupaten Lumajang bisa meningkatkan kepatuhan kepada protokol kesehatan untuk mencegah tingkat penyebaran Covid-19.

Sementara itu, jumlah daerah dengan zona kuning atau daerah risiko rendah penyebaran Covid-19 tercatat 11 daerah yakni, Pasuruan, Tulungagung, Pacitan, Bondowoso, Sampang, Ngawi, Bangkalan, Madiun, Bojonegoro, Lamongan dan Pamekasan.

Sedangkan daerah dengan zona oranye atau risiko sedang penyebaran Covid-19 tercatat 26 daerah yakni Sumenep, Probolinggo, Trenggalek, Kota Madiun, Tuban, Kediri, Kota Mojokerto, Blitar, Gresik, Banyuwangi, Nganjuk, Kota Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, Kota Blitar, Jember, Kota Surabaya, Jombang, Malang, Kota Kediri, Kota Batu, Ponorogo, Magetan, Kota Malang, Situbondo dan Kota Probolinggo.

Jumlah akumulasi kasus Covid-19 hingga Selasa (17/11) ini tercatat 56.757 kasus. Pasien sembuh tercatat 50.544 pasien atau 89,05 persen, pasien yang dirawat 2.172 pasien atau 3,83 persen dan pasien meninggal 4.041 pasien atau 7,12 persen. [cob]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini