Kabareskrim sebut kedekatan antarpersonel potensi jadi makelar kasus

Rabu, 1 Juli 2015 12:32 Reporter : Supriatin
Kabareskrim sebut kedekatan antarpersonel potensi jadi makelar kasus Budi Waseso. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Pada acara memperingati Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-69, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan kepada institusi Polri untuk melakukan pembersihan terhadap makelar kasus. Menanggapi perintah tersebut, Kepala badan Reserse dan Kriminal Komisaris Jendral Budi Waseso mengatakan akan menjalankan perintah presiden tersebut.

"Ya, bersihkan. Kedekatan personel juga bisa jadi makelar. Kedekatan itu juga bisa dimanfaatkan," ujar Budi Waseso di Mako Brimob, jalan kelapa dua, Depok, Jakarta (1/7).

Budi mencontohkan dirinya sendiri. Dia menjelaskan bisa saja ada personel yang sengaja melakukan pendekatan kepada dirinya hanya untuk memanfaatkan jabatan untuk bisa membangun rencana jual beli kasus atau makelar kasus.

Untuk menghindari adanya tindakan tersebut di internal Polri, Budi menegaskan harus melakukan pembersihan secara total. Selain itu, polisi juga akan terus menegakkan tiga hal penting dalam menjalankan jabatan kedinasan dan dalam menangani kasus yaitu, adil, berani dan jujur.

"Penegakan adil, berani, dan jujur. Yang paling penting itu," tutup Budi. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. Polri
  2. Budi Waseso
  3. Kabareskrim
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini