Kabaharkam Puji Kapolda NTB Berhasil Gerakkan Semua Elemen Tangani Covid-19

Rabu, 1 Desember 2021 00:05 Reporter : Nur Habibie
Kabaharkam Puji Kapolda NTB Berhasil Gerakkan Semua Elemen Tangani Covid-19 Kabaharkam Komjen Arief Sulistiyanto pada penyerahan Anugerah Award Kampung Sehat 2. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistiyanto menilai Irjen Mohammad Iqbal sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) mampu menggerakkan partisipasi antarelemen bangsa dan pihak terkait untuk bertanggung jawab atas penanganan Covid-19.

Pujian itu disampaikan Arief di sela-sela penyerahan Anugerah Award Kampung Sehat 2: Nurut Tatanan Baru di Kota Mataram, NTB, Selasa (30/11).

Arief berharap, pencapaian itu tak membuat Iqbal berhenti. Dia harus terus menggalakkan kerja sama lintas elemen di NTB dalam penanganan pandemi, mengingat ada agenda penting skala Internasional di sana.

Selain itu, Arief menyampaikan apresiasi kepada Iqbal atas inovasinya, seperti membuat Kampung Sehat. Hal itu merupakan salah satu instrumen untuk menggalang partisipasi masyarakat menangani pandemi Covid-19.

"Bahwa koordinasi Kapolda NTB yang bekerja sama dengan Danrem, gubernur, bupati, wali kota, mampu menggerakkan seluruh lapisan dalam upaya-upaya penanganan Covid-19. Penanganan Covid tak mudah dan tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri, tetapi semua harus kerja sama," kata Arief, Selasa (30/11).

Eks Kabareskrim Polri itu menilai terobosan Iqbal menggagas Kampung Sehat jilid kedua telah berhasil. Dia juga meminta Iqbal untuk meningkatkan upaya lainnya di NTB, mengingat ke depan akan ada pelaksanaan MotoGP pada Maret 2022.

Tak hanya itu, ia juga meminta protokol kesehatan lebih diperkuat dan vaksinasi ditingkatkan. Tenaga-tenaga kesehatan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus harus disiapkan.

"Semoga NTB akan menjadi provinsi yang bebas dari pandemi Covid. Lalu, ingat banyak sekali kegiatan-kegiatan nasional yang dilaksanakan di NTB, seperti di Mandalika dan event lainnya. Ini memerlukan kesungguhan kita semuanya," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur NTB Zulkieflimansyah dalam sambutannya juga menyampaikan hal serupa. Politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu meminta Iqbal tetap mempertahankan kinerja dan menyumbangkan tenaganya demi menjaga keamanan dan menangani pandemi Covid-19.

"Jadi terima kasih untuk Pak Kapolda yang sudah menjadi orang tua, menjadi kakak, menjadi senior yang menghadirkan banyak terobosan buat provinsi ini. Kehadirannya sangat menggairahkan kita semua," ucap Zulkieflimansyah.

Selain itu, Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal menyampaikan capaian yang terjadi di wilayah hukumnya itu merupakan kerja bersama, bukan satu pihak saja. Dia pun berterima kasih kepada jajaran pemda, DPRD, TNI, tenaga kesehatan, pemuka agama, tokoh kepemudaan, hingga unsur masyarakat lainnya.

"Kegotongroyongan kita tak bisa digantikan oleh apa pun dan ini mengilhami kami di NTB. Seyogianya program ini dari Mabes Polri dan kami bersama-sama Pak Gub, ibu ketua DPRD, dan semua yang hadir di sini berembuk, berdiskusi bahwa hari ini, kami harus berpikir kreatif, thingking out of the box, tidak lagi linear formal, tidak lagi rutinitas, tidak lagi bussiness as ussual," kata Iqbal.

Iqbal mengungkapkan, Kampung Sehat jilid kedua ini merupakan program kolaboratif agar masyarakat steril dari virus Covid-19 sekaligus mendorong produktivitas ekonominya. Seluruh masyarakat juga didorong bergandengan tangan menuju satu titik, yaitu melawan Covid-19.

Eks Kadiv Humas Polri itu juga menyampaikan, Kampung Sehat jilid 2 ini berbeda dengan sebelumnya, karena lebih mendorong penanganan Covid-19 dan percepatan laju vaksinasi. Sebab, Iqbal menyatakan NTB baru mendapat dorongan vaksinasi pada akhir Agustus 2021.

"Akhirnya, Kampung Sehat 2 ini kami gelar kembali dengan pendekatan 70 persen laju percepatan vaksinasi dan Covid-19 handling," ungkapnya.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dosis pertama vaksinasi di NTB sudah mencapai 70,11 persen. Iqbal kembali menegaskan, capaian ini merupakan hasil kerja sama antarpihak.

"Kita boleh berbangga capaian dosis pertama vaksinasi kita 70,11 persen. Karena saya mengikuti detik demi detik adik-adik dandim, kapolres, dan teman-teman kepala desa, camat. Ini bukan permasalahan siapa yang hebat, siapa yang tinggi, tetapi yang paling penting kebersamaan. Duduk sama rendah, berdiri sama tinggi. Kita yang berjasa kita semua yang berbuat," jelasnya.

Dalam penganugerahan ini, Polda NTB kembali memberikan penghargaan kepada beberapa kepala desa, camat, bupati/wali kota, nakes, dandim, kapolres, babinsa dan bhabinkamtibmas terbaik seperti pada Kampung Sehat pertama pada 2020 lalu.

Kampung Sehat Award jilid 2 kali ini dikemas berbeda, karena adanya program vaksinasi, sehingga terdapat empat kategori penilaian. Empat unsur itu ialah Kategori Kampung Sehat NTB 2, tokoh kampung sehat, tokoh favorit vaksinasi dan tokoh tangguh vaksinasi. [yan]

Baca juga:
Varian Omicron Disebut Dapat Menular ke Penyintas Covid-19, Warga Diminta Tak Panik
Kabaharkam Puji Kapolda NTB Berhasil Gerakkan Semua Elemen Tangani Covid-19
Cegah Varian Omicron, Pemerintah Perketat Pengawasan Pelaku Perjalanan
Karantina dari Luar Negeri Diperpanjang, Pemerintah Utamakan Kesehatan Masyarakat
Menko PMK: Seluruh Daerah Terapkan Aturan PPKM Level 3 Selama Libur Nataru
Pelaku Perjalanan Atas Dasar Diplomatik Dibebaskan dari Kewajiban Karantina

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini