Jumlah pewarta peliput KAA ke-60 membludak

Rabu, 1 April 2015 16:41 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Jumlah pewarta peliput KAA ke-60 membludak Gedung Merdeka Asia Afrika di Bandung. ©ragungy.files.wordpress.com

Merdeka.com - Gelaran Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60 ternyata menyedot perhatian awak media dari banyak negara peserta. Hingga saat ini tercatat sudah ada 1.300 jurnalis terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) buat meliput perhelatan itu.

Padahal, pemerintah hanya membolehkan seribu jurnalis meliput. Karena jumlah para pewarta hendak meliput melebihi kuota, maka Kemenkominfo saat ini tengah membicarakan untuk perampingan peliput dengan wartawan di Jakarta.

"Sampai saat ini 1.300 (media) sudah daftar apakah wartawan dalam atau luar negeri. Kapasitas di Jakarta saja sebenarnya hanya seribu media. Tapi kadang kami lihat teman-teman media, medianya satu tapi diusulkan 20 nama" kata Menkominfo Rudiantara di Gedung Negara Pakuan, Bandung, Rabu (1/4).

Penyelenggaraan KAA ke-60 digelar di Gedung Merdeka, Bandung. Acara peringatan KAA bakal digelar pada 24 April 2015. Tetapi sebelum acara puncak, pemerintah sudah menjadwalkan supaya 109 kepala negara mengikuti pertemuan besar KTT Negara Asia Afrika akan digelar di Jakarta pada 19-23 April 2015.

Lantaran momen KAA cukup mengundang perhatian jurnalis, Rudi menyatakan sudah menyiapkan segala sarana dan kebutuhan awak media. Dia menyebut, pemerintah akan menyediakan sambungan internet berkecepatan tinggi di semua pusat media. Pusat media itu berada di sekitar Gedung Merdeka, Gedung Kimia Farma, Hotel Ibiz, dan Majestic.

"Kalau infrastrukturnya kecepatannya bisa sampai 100 megabit," ujar Rudi. [ary]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini