Jumlah Peserta Piknik Positif Covid-19 di Boyolali Bertambah 19 Orang

Kamis, 29 April 2021 19:29 Reporter : Arie Sunaryo
Jumlah Peserta Piknik Positif Covid-19 di Boyolali Bertambah 19 Orang Pasien Corona. ©2020 Merdeka.com/Antara

Merdeka.com - Dinas Kesehatan Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, mencatat jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 dari klaster piknik di Desa Candi, Kecamatan Ampel, terus bertambah. Berdasarkan hasil tracing yang dilakukan menunjukkan 19 warga lainnya juga terpapar.

“Kami melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap 41 warga setelah sebelumnya 36 peserta piknik positif. Hasilnya ada 19 orang yang positif," ujar Camat Ampel, Dwi Sundarto, saat dihubungi wartawan, Kamis (29/4).

Menurut Dwi, saat ini 19 warga tersebut menjalani isolasi mandiri karena tidak bergelaja. Dengan 19 tambahan tersebut, total 55 warga dalam satu dusun terpapar Covid-19.

“Total sekarang 55 yang positif. Sebagian besar masih isolasi mandiri, 10 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia,” terangnya.

Sebelumnya dikabarkan, sebanyak 36 warga Dusun Gondang, Desa Candi, Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, terpapar virus corona. Mereka tertular seusai melakukan perjalanan wisata (piknik) bersama, ke Yogyakarta 4 April lalu.

Camat Ampel, Dwi Sundarto membenarkan kabar tersebut. Saat ini seluruh warga dusun melakukan karantina untuk menghindari penyebaran Covid-19 ke warga sekitar lainnya.

"Sebenarnya ada 48 orang yang ikut piknik ke Yogyakarta 4 April lalu. Mereka menumpang 1 armada bus,” ujar Dwi, saat dihubungi wartawan, Jumat (23/4).

Dwi mengisahkan, awal mula kejadian, salah satu peserta piknik harus menjalani tes swab lantaran teman kerjanya positif Covid-19. Hasil swab menyatakan warga tersebut positif Covid-19. Berdasarkan hasil tracing, seluruh peserta piknik harus melakukan tes swab.

"Akhirnya semua yang ikut piknik terkena tracing, Dari 48 orang yang mengikuti piknik, ada 35 orang yang terkonfirmasi positif,” katanya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini