Jumlah Kasus Covid-19 Varian Baru Bertambah 5 di Jatim, Semua Berasal dari Bangkalan

Jumat, 18 Juni 2021 20:39 Reporter : Erwin Yohanes
Jumlah Kasus Covid-19 Varian Baru Bertambah 5 di Jatim, Semua Berasal dari Bangkalan Swab Tes di Madura. Antara

Merdeka.com - Jumlah pasien terpapar mutasi virus corona (Covid-19) varian B16172 Delta di Jawa Timur kembali bertambah lima. Kelima orang pasien tersebut diketahui berasal dari Bangkalan, Madura.

Dengan ditemukannya lima orang pasien pengidap Covid-19 varian India ini, total jumlah pasien yang sudah dipastikan terpapar varian delta (nama lain varian India) di Jatim adalah 8 orang.

"Lima yang terbaru, sebelumnya tiga, benar delapan," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, dr Herlin Ferliana, Jumat (18/6).

Ia mengakui, kelima pasien yang terkonfirmasi Covid-19 varian baru ini berasal dari Bangkalan, Madura. Mereka di antaranya merupakan orang yang terjaring dari penyekatan di Jembatan Suramadu, tapi juga ada yang telah dirawat di rumah sakit.

"Ada yang dari penyekatan ada yang dari mereka perawatan di RS," katanya.

Pasien yang telah dirawat di RS ini, kata dia, terdeteksi karena CT Value mereka dibawah 25. Hasil itu kemudian diperiksa dengan whole genome sequencing, dan menunjukkan bahwa mereka terinfeksi Covid-19 mutasi baru.

"Apabila CT valuenya di bawah 25, maka kita antisipasi untuk dilakukan genome sequencing," ucapnya.

Ia menyebut, 4 pasien diantaranya dirawat di RSLI Surabaya, 3 di RS Swasta dan 1 di RSUD Bojonegoro. Ia pun meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, sebab varian Delta ini diketahui memiliki tingkat penularan yang sangat cepat.

"Sehingga kita harus lebih ekstra hati-hati menghadapi varian India ini," katanya.

Sebelumnya, tiga pasien positif Covid-19 di Jawa Timur, dinyatakan terinfeksi corona varian B16172. Mutasi jenis ini merupakan strain asal India.

Temuan itu diungkapkan Gubernur Jatim, Khofifah Indarparawansa. Ia menyebut hal itu baru diketahuinya setelah mendapatkan laporan hasil penelitian whole genome sequencing yang dilakukan Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Dua dari tiga pasien yang terinfeksi mutasi baru itu adalah warga Bangkalan, Madura. Sementara satu orang lainnya merupakan warga Bojonegoro. Ketiganya adalah orang yang terjaring penyekatan Suramadu. [bal]

Baca juga:
Tinjau PPKM di Madiun, Kapolri Minta Polisi Catat Tindakan Pengendalian Covid
Tempat Tidur Pasien Covid di RSUD Tangerang 93 Persen Terisi, ICU 100 Persen
Anies Awasi PPKM: Seluruh Kegiatan di Jakarta Harus Tutup Jam 21.00
TNI-Polri Gelar Apel Pengetatan PPKM Mikro di Jakarta
Kebijakan Pemerintah Saat ini Dinilai Belum Perhitungkan Gelombang Kedua Covid-19
Geliat Prostitusi di India Kala Pandemi
Tak hanya 3 Dosen Meninggal, 26 Warga UNS Juga Positif Covid-19

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini