Jubir Kemenkes: Cuma 5 Kabupaten/Kota Capai Target Testing Dalam Tiga Hari Terakhir

Rabu, 21 Juli 2021 19:40 Reporter : Ahda Bayhaqi
Jubir Kemenkes: Cuma 5 Kabupaten/Kota Capai Target Testing Dalam Tiga Hari Terakhir Antusias Warga Bangkok Swab Gratis. ©2021 AFP/Lillian Suwanrumpha

Merdeka.com - Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengungkap, dalam tiga terakhir capaian testing dan tracing di daerah PPKM Level 4 (Jawa-Bali) terus mengalami penurunan. Jumlahnya masih rendah.

"Namun, khusus capaian target testing dan tracing di daerah PPKM Level 4 masih rendah. Terutama 3 hari terakhir yang terus mengalami penurunan," ujar Siti saat konferensi pers PPKM melalui YouTube, Rabu (21/7).

Sementara, angka positivity rate masih berada di angka lima persen. Perlu penambahan testing segera untuk mengidentifikasi

Siti mengungkap, hanya lima kabupaten/kota mencapai target di atas 50 persen testing. Yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Surakarta, Kota Yogyakarta, serta Kabupaten Sumenep.

"Terkait capaian testing. Tiga hari terakhir, hanya 5 kab/kota yang mencapai target di atas 50 persen yaitu Kota Jakarta Pusat, Jaksel, Surakarta, Kota Yogyakarta, serta Kabupaten Sumenep," ungkapnya.

Identifikasi kasus Covid-19 melalui testing dan tracing ini diperlukan untuk menurunkan laju penularan. Pemerintah pusat meminta Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah terus meningkatkan kapasitas tracing.

"Oleh karena itu Pemprov, Pemda terus meningkatkan kapasitas tracing dengan melibatkan kader, mahasiswa, bidan desa, ataupun Babinsa seperti Bhabinkamtibmas. Yang mana dalam hal ini Kemenkes telah ikut mendukung sebagian anggaran operasionalnya melalui dana alokasi non fisik yang kita kenal sebagai BOK Puskesmas," kata Siti. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini