Jubir Covid-19: Pasien Positif di Secapa & Cimahi Membaik, Keluhan Batuk Minimal

Jumat, 10 Juli 2020 16:20 Reporter : Rifa Yusya Adilah
Jubir Covid-19: Pasien Positif di Secapa & Cimahi Membaik, Keluhan Batuk Minimal Pelantikan Secapa di Bandung. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Muncul klaster baru penyebaran Covid-19 di Jawa Barat. Yakni, di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD) di Bandung.

Sebanyak 1.261 siswa positif terinfeksi Sars-Cov2. Kemudian, di Cimahi puluhan prajurit TNI juga terpapar Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan kondisi ribuan prajurit berangsur membaik.

"Yang kita identifikasi kemarin, di sekolah calon perwira angkatan darat, dari 1.261 kasus positif, 17 dirawat di RS Dustira, Cimahi dan kondisi sudah membaik tidak ada yang demam, panas, keluhan batuk minimal," ujar Yuri saat jumpa pers di Gedung BNPB, Jakarta, Jumat (10/7).

Sedangkan, yang lainnya melakukan karantina wilayah dengan baik. Secara ketat, kompleks tersebut juga dikarantina. Tidak diizinkan ada yang masuk dari dalam maupun luar.

Yuri berharap agar masyarakat tidak panik karena sudah ditangani sesuai standar protokol Covid-19 oleh WHO dengan pemantauan yang sangat ketat oleh dinas kesehatan provinsi jawa barat, kota bandung dan Kodam Siliwangi.

Yurianto mengatakan bahwa dari 1.611 kasus baru itu hasil dari test PCR pada 23.609 orang pada 10 Juli 2020. Sehingga total pemeriksaan PCR sampai dengan 2 Juli 2020 sebanyak 1.115.678. Yuri menambahkan tes PCR dilakukan dengan dua metode yaitu real time PCR maupun PCM.

Yuri meminta masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan selalu yakin bahwa angka sembuh akan semakin bertambah. [rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini