Jualan di Instagram, tembakau Gorila ganti nama jadi Arjuna

Kamis, 31 Mei 2018 20:16 Reporter : Purnomo Edi
Jualan di Instagram, tembakau Gorila ganti nama jadi Arjuna Polda DIY Bongkar Jaringan Penjual Tembakau Gorila. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ditresnarkoba Polda DIY membongkar jaringan penjual tembakau gorila. Sebanyak 1,45 kilogram tembakau gorila berhasil diamankan dari tiga orang tersangka. Ketiga tersangka itu bernama AK selaku pemilik, ANW dan DSP yang merupakan kurir penjual tembakau gorila.

Direktur Ditresnarkoba Polda DIY, Kombes Pol Wisnu Widarto mengatakan ketiganya ditangkap di daerah Maguwoharjo, Depok, Sleman. Sebelum melakukan penangkapan, polisi sempat melakukan pengintaian terhadap ketiganya.

"Transaksi jual beli dilakukan melalui Instagram. Barang (tembakau gorila) yang dijual tiga tersangka didapat dari Jakarta juga melalui Instagram," terang Wisnu di Mapolda DIY, Kamis (31/5).

Wisnu membeberkan, untuk menyamarkan jual beli tembakau gorila, ketiga tersangka mengganti nama produk dan kemasannya. Tembakau gorila diganti namanya menjadi tembakau Arjuna. Saat melakukan pengiriman barang, tembakau gorila ini oleh ketiga tersangka diaku menjadi suku cadang komputer.

"Tembakau gorila dikemas menjadi kemasan kecil. Ada yang 2,5 gram hingga 100 gram. Tersangka menjual kepada konsumen setiap 100 gram seharga Rp 5 juta," terang Wisnu.

Wisnu menambahkan sejumlah barang bukti turut diamankan dari ketiga tersangka. Diantaranya ada dua buah timbangan digital, sebuah gawai, alat press plastik dan alat penyemprot aroma.

"Tersangka sempat membeli dua kilogram tembakau gorila. Kemudian tembakau itu dikemas sesuai ukurannya. Sebagian tembakau gorila ini sudah diedarkan ke pengguna. Saat ini masih kami lacak siapa saja penggunanya dan siapa penyuplai utamanya," tutup Wisnu. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Tembakau Gorila
  2. Kasus Narkoba
  3. Sleman
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini