Joyo Winoto bantah terima Rp 3 miliar dari Nazaruddin

Selasa, 26 November 2013 11:55 Reporter : Aryo Putranto Saptohutomo
Joyo Winoto bantah terima Rp 3 miliar dari Nazaruddin

Merdeka.com - Mantan Kepala badan Pertanahan Nasional, Joyo Winoto membantah menerima uang Rp 3 miliar dari Muhammad Nazaruddin dan mantan Manajer Pemasaran PT Anugrah Nusantara, Mindo Rosalina Manulang alias Rosa, untuk mengurus penerbitan sertifikat hak milik tanah proyek Pusat Pendidikan Pelatihan serta Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dia mengatakan hal itu saat bersaksi dalam sidang terdakwa kasus dugaan korupsi proyek P3SON Hambalang dan mantan Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Deddy Kusdinar.

Awalnya, Hakim Anggota Purwono Edi Santoso mencecar Joyo apakah dia pernah ditemui Nazaruddin dan Rosa untuk mengurus sertifikat tanah Hambalang. Tetapi, Joyo mengaku tidak pernah bertemu dengan Nazaruddin dan Rosa. Dia juga menampik menerima komisi Rp 3 miliar karena berhasil menerbitkan sertifikat tanah Hambalang.

"Tidak yang mulia. Tidak sama sekali. Tidak pernah," kata Joyo saat bersaksi dalam sidang Deddy di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Selasa (26/11).

Namun, dalam Berita Acara Pemeriksaan Rosa yang dibacakan oleh kuasa hukum Deddy, Rudy Alfonso, Joyo disebut pernah menerima telepon dari Rosa. Saat itu, Rosa menanyakan kepada Joyo apakah sertifikat tanah Hambalang sudah selesai. Joyo mengatakan sudah selesai dan sempat menitipkan salinan sertifikat kepada Rosa dalam amplop coklat. Tetapi, Joyo tetap membantahnya.

"Tidak pernah," jawab Joyo singkat.

Rudy kemudian meminta kepada majelis hakim supaya Joyo dikonfrontir dengan Rosa pada sidang selanjutnya. Joyo mengatakan siap diadu keterangannya dengan Rosa. "Silakan," ucap Joyo.

Dalam dakwaan Deddy Kusdinar, Joyo disebut menerima Rp 3 miliar sebagai komisi pengurusan tanah Hambalang. Nazaruddin dan Rosa mengirimkan uang itu supaya bisa menggarap proyek Hambalang melalui PT Duta Graha Indah. Dalam dakwaan juga, setelah sertifikat tanah Hambalang selesai, Joyo mengirimkan fotokopinya kepada Rosa di dalam amplop coklat. [has]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kasus Hambalang
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini