Joop Ave & kisah Ibu Tien Soeharto makan sirih di Air Force One

Kamis, 6 Februari 2014 01:04 Reporter : Ramadhian Fadillah
Joop Ave & kisah Ibu Tien Soeharto makan sirih di Air Force One Joop Ave. ©jttcugm.wordpress.com

Merdeka.com - Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi zaman Soeharto, Joop Ave meninggal pukul 18.30 di Singapura, Rabu (5/2). Dia meninggal dunia dalam usia 80 tahun.

Joop Ave punya karir panjang sebagai pejabat protokoler Istana. Baik era Soekarno maupun Soeharto. Banyak kisah menarik yang dituturkan Joop Ave.

Misalnya saat Ibu Tien Soeharto naik pesawat kepresidenan Amerika Serikat. Di dalam pesawat yang dinamakan Air Force One itu Joop melihat Ibu Tien tampak gelisah.

"Setelah saya tanyakan, ternyata Ibu Tien meminta diambilkan daun sirih berikut perlengkapan untuk menginang (mengunyah daun sirih)," tulis Joop Ave dalam buku 'Pak Harto The Untold Stories' terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Mengunyah daun sirih di atas pesawat kepresidenan AS tentu aneh. Tapi Joop cuek saja. Dia tetap meminta izin pada pejabat Amerika di atas pesawat tersebut agar Ibu Tien bisa menginang.

"Saya pun menjelaskan kepada pejabat Amerika Serikat yang ikut di dalam pesawat mengenai manfaat sirih untuk kesehatan. Kita tidak boleh malu karena menginang adalah budaya kita," kata Joop.

Sebagai protokoler senior, Joop selalu dipercaya mempersiapkan dan mendampingi Soeharto dan Ibu Tien dalam berbagai kunjungan kenegaraan. Begitu pula saat tamu-tamu negara berkunjung ke Indonesia. Joop mendapat kepercayaan untuk menyambut mereka.

Satu hal yang diingat Joop dari Soeharto.

"Sepanjang ingatan saya, Pak Harto selalu mengucapkan terima kasih atas apa yang saya lakukan dan beliau tidak pernah marah," kenang Joop. [ian]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini