Jokowi yakin pemilu serentak 2019 akan berlangsung damai

Kamis, 16 Agustus 2018 11:29 Reporter : Supriatin
Jokowi yakin pemilu serentak 2019 akan berlangsung damai Jokowi di sidang tahunan MPR. ©Reuters/Beawiharta

Merdeka.com - Pemilu serentak 2019 akan berlangsung kurang dari setahun lagi. Presiden Jokowi mengajak rakyat Indonesia menyambut pesta demokrasi itu dengan kegembiraan, antusiasme yang tinggi, serta kedewasaan politik yang semakin matang.

"Saya yakin, dengan pengalaman yang panjang dalam berdemokrasi, Insya Allah, Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden secara serentak di tahun 2019 akan berlangsung dengan aman, damai, dan demokratis," kata Jokowi saat membacakan pidato di sidang bersama DPR dan DPD di gedung Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (16/8).

Jokowi juga membanggakan Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, sekaligus menjadi negara demokrasi terbesar keempat di dunia.

"Kita telah berhasil lepas dari ketakutan terhadap ancaman instabilitas dan kekerasan politik dalam setiap regenerasi kepemimpinan nasional maupun daerah," ujarnya.

Jokowi mengacu pada damainya penyelenggaraan 101 satu pemilihan kepala daerah serentak di tahun 2017 dan 171 pemilihan kepala daerah serentak di tahun 2018.

"Kita bersyukur memiliki Pancasila sebagai sumber energi ideologis bangsa, yang memandu seluruh anak bangsa dalam mewujudkan janji-janji kemerdekaan. Pancasila adalah bintang pengarah, penggerak, sumber inspirasi, dan sekaligus sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Dengan berpegang teguh pada Pancasila, saya yakin kita akan menjadi bangsa yang berdaulat dan bermartabat dalam pergaulan bangsa-bangsa lain di dunia, duduk sama rendah, berdiri sama tinggi," kata Jokowi. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini