Jokowi yakin media massa tidak akan kalah dari media sosial

Jumat, 9 Februari 2018 14:14 Reporter : Rizky Andwika
Presiden Jokowi. ©biro Setpres

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku tak percaya dengan sejumlah prediksi yang menyebutkan bahwa media massa di masa mendatang akan kalah dari media sosial. Dia mengakui selama lima tahun terakhir prediksi itu terus bermunculan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Namun, Jokowi menyebutkan justru di era sekarang pers semakin dibutuhkan. "Saya percaya di era melimpahnya informasi, pers justru semakin dibutuhkan untuk menjadi pilar penegak penyampaian kebenaran, sebagai pilar penegak fakta-fakta dan sebagai pilar penegak aspirasi masyarakat," kata Jokowi dalam sambutan di Puncak Peringatan Hari Pers Nasional di Danau Cimpago, Kota Padang, Sumatera Barat, Jumat (9/2).

Jokowi juga meyakini media massa ke depannya akan mengambil peran dalam membangun narasi kebudayaan baru dan membangun narasi peradaban baru. Maka, dia berharap insan pers tanah air menjadi garda terdepan penyalur kebenaran.

"Saya terus berharap insan pers Indonesia menjadi penyalur kebenaran, penyalur fakta sekaligus penyalur aspirasi masyarakat," harapnya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono menjelaskan Hari Pers Nasional 2018 merupakan peringatan yang paling meriah dibanding tahun-tahun sebelumnya. Dia mencatat baru pada tahu ini Puncak Peringatan Hari Pers Nasional dihadiri sejumlah menteri, pemimpin lembaga negara, sejumlah gubernur dan sejumlah duta besar negara sahabat.

Hari Pers Nasional di Sumatera Barat digelar 1-9 Februari. Dalam rangkaian peringatan, Margiono menyebutkan dihadiri oleh 23 menteri Kabinet Kerja. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini