Jokowi Ungkap Dua Kendala Distribusi Logistik Korban Gempa Cianjur

Kamis, 24 November 2022 12:21 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi Ungkap Dua Kendala Distribusi Logistik Korban Gempa Cianjur Jokowi Bagikan Makanan untuk Korban Gempa Cianjur. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap kendala distribusi logistik untuk para pengungsi korban gempa Cianjur. Dia mengatakan, penyebabnya karena terlalu banyak titik posko pengungsian.

"Itu sulitnya mendistribusikan logistik kemudian juga mengevaluasi karena titiknya banyak sekali," kata Jokowi ditemui di RSUD Sayang Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11).

Menurut Jokowi, medan lokasi gempa Cianjur sulit untuk dilalui. Kata dia, diperlukan helikopter agar mobilisasi bantuan lebih mudah didistribusikan.

"Kenapa hari Selasa pagi saya sampaikan gunakan heli kalau diperlukan karena titiknya terlalu banyak, medannya juga naik turun gunung yang tidak mudah dan evakuasi tadi yang ada 39 yang belum ditemukan," ujarnya.

Jokowi berharap, evakuasi para korban bisa ditangani dengan baik. Selanjutnya, pemerintah bisa melakukan rehabilitasi ulang pasca gempa.

"Saya sudah perintahkan untuk segera dimulai sebelum datangnya hujan moga-moga nanti semuanya bisa segera tertangani, kemudian kita bisa konsentrasi ke rehabilitasi kembali karena ini kelihatannya gempanya sudah agak mereda," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Data Korban Gempa Cianjur

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 271 jenazah telah teridentifikasi usai gempa bumi dengan magnitudo 5,6 yang mengguncang Cianjur Senin kemarin.

Sementara korban luka tercatat 2.043 orang dan mengungsi 61.908 orang. Sedangkan kerugian materil, sebanyak 56.320 rumah alami kerusakan dengan rincian rusak berat 22.241 unit rumah, rusak sedang 11.641 unit rumah dan rusak ringan 22.090 unit rumah.

Fasilitas umum lainnya juga turut terdampak, antara lain 31 unit sekolah, 124 tempat ibadah, tiga fasilitas kesehatan, dan tiga belas gedung perkantoran. [tin]

Baca juga:
Pemulihan Gempa Cianjur, Tim Medis Pertamedika IHC Layani Keluhan Kesehatan Warga
Sempat Dinyatakan Hilang, Ini 6 Fakta Penemuan Balita Selamat dari Gempa Cianjur

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini