Jokowi Ungkap Dampak Perubahan Iklim, dari Bencana Alam hingga Pangan

Senin, 8 Agustus 2022 10:20 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi Ungkap Dampak Perubahan Iklim, dari Bencana Alam hingga Pangan Presiden Jokowi. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, bahwa penanggulangan perubahan iklim menjadi tantangan global setelah pandemi Covid-19. Menurutnya, dampak perubahan iklim sangat luas.

'Penanggulangan perubahan iklim menjadi isu prioritas dan tantangan global setelah meredanya Covid-19. Dampaknya sangat luas, multi sektoral. Salah satunya terkait bencana alam dan ketahanan pangan," kata Jokowi dalam Rakornas BMKG 2022 semata virtual, Senin (8/8).

Jokowi mengungkapkan, saat ini tantangan perubahan iklim berada pada kondisi yang kritis. Kata dia, World Meteorological Organization menyatakan indikator perubahan iklim serta dampaknya di tahun 2021 makin memburuk.

"Dalam 7 tahun terakhir telah menjadi 7 tahun dengan suhu terpanas. Kondisi ini menjadi tantangan nyata bagi kita," ujar eks Wali Kota Solo itu.

Kepala negara melanjutkan, Food and Agriculture Organization (FAO) menyatakan lebih dari 500 juta petani pangan merupakan kelompok yang paling rawan terdampak perubahan iklim.

"FAO menyebut lebih dari 500 juta petani usaha kecil yang memproduksi lebih dari 80% sumber pangan dunia adalah kelompok yang paling rentan terhadap perubahan iklim," tuturnya.

"WHO (World Health Organization) juga memprediksi akan ada 13 juta orang kelaparan akibat terhambatnya rantai pasok akibat perang Ukraina," ujar Jokowi. [ded]

Baca juga:
Dunia di Ambang Bencana Kelaparan, Jutaan Nyawa Terancam Melayang
Membongkar Kontribusi Perusahaan Jepang di Indonesia dalam Antisipasi Perubahan Iklim
Geruduk Kedubes Jepang, Aktivis Walhi Desak Pendanaan Energi Fosil Dihentikan
Ilmuwan Peringatkan Manusia Bisa Punah karena Perubahan Iklim, Ini Penjelasannya
Kondisi Parah Danau Terbesar di AS Surut Jadi 27 Persen dari Kapasitas
Ma'ruf Amin: Perubahan Iklim Tidak Terlepas dari Ulah Manusia Lalai

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini