Jokowi Ungkap Alasan Dahulukan Evakuasi ABK World Dream daripada WNI Diamond Princess

Rabu, 26 Februari 2020 13:42 Reporter : Merdeka
Jokowi Ungkap Alasan Dahulukan Evakuasi ABK World Dream daripada WNI Diamond Princess Presiden jokowi. ©2017 Biro Pers Setpres

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan alasan mendahulukan evakuasi Anak Buah Kapal (ABK) World Dream daripada WNI di kapal Diamond Princess. Menurut dia, di kapal World Dream terdapat 188 WNI yang jumlahnya lebih banyak dari Diamond Princess.

"Kemarin setelah rapat beberapa kali kemudian kita putuskan terlebih dulu yang ada di World Dream. Jumlahnya lebih banyak, 188 orang yang itu juga berada di dekat kita. Sehingga kita putuskan, saya perintahkan ini diselesaikan dulu," ujar Jokowi di JCC Senayan Jakarta, Rabu (26/2).

Jokowi menyebut 188 WNI dijemput menggunakan Kapal Rumah Sakit KRI Soeharso di Selat Durian, Riau. Kemudian, mereka akan dibawa ke Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu untuk menjalani masa observasi selama 14 hari.

"Kemarin ada persoalan soal kapasitas, karena fasilitas-fasilitas yang ada di pulau dan menyelesaikan ini. Akhirnya diputuskan di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu. Karena kesiapannya lebih baik," jelasnya.

Sementara untuk proses evakuasi WNI yang berada di Diamond Princess Jepang masih dimatangkan. Jokowi menyebut ada dua opsi pemulangan yakni dengan menggunakan jalur darat dan udara.

1 dari 1 halaman

Meski begitu, Jokowi mengaku masih bernegosiasi dengan otoritas Jepang terkait evakuasi WNI tersebut. Dia mengaku proses negosiasi tak semudah yang diperkirakan.

"Tidak semudah itu diplomasi negosiasi. Tidak segampang itu. Tapi kita akan berusaha secepat-cepatnya untuk menyelesaikan ini," tuturnya.

Seperti diketahui, ada 78 WNI kru kapal Diamond Princess yang kini berada di Yokohama, Jepang. Namun, 9 diantaranya dinyatakan positif virus corona.

Reporter: Lizsa Egeham [ray]

Baca juga:
Pemerintah Bakal Beri Diskon Tiket Pesawat Sekitar Rp700.000 bagi Turis Asing
Jokowi Sebut Evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess Tidak Bisa Tergesa-gesa
Persiapan Operasi Karantina WNI Terinfeksi Corona dari Kapal World Dream
Tentara Amerika Terinfeksi Virus Corona di Korea Selatan
Video Menteri Iran Batuk dan Berkeringat Saat Konferensi Pers karena Corona

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini