Jokowi Tunjuk Muhadjir Effendy Jalankan Tugas Mensos usai Juliari Tersangka

Minggu, 6 Desember 2020 12:44 Reporter : Ahda Bayhaqi
Jokowi Tunjuk Muhadjir Effendy Jalankan Tugas Mensos usai Juliari Tersangka Menteri Sosial Juliari P Batubara Saat Menyerahkan Diri ke KPK. ©2020 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai pejabat sementara pengganti Menteri Sosial Juliari P Batubara yang tersangkut kasus korupsi dana bantuan sosial.

"Untuk sementara saya akan menunjuk Menko PMK untuk menjalankan tugas Mensos," kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (6/11).

Jokowi mengatakan, dirinya tidak akan melindungi menteri yang terlibat kasus korupsi. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini, percaya proses hukum di KPK secara transparan.

"Saya tidak akan melindungi terlibat korupsi dan kita semua percaya KPK bekerja secara transparan secara terbuka bekerja baik profesional," kata Jokowi.

"Pemerintah akan terus mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Menteri Sosial Juliari P Batubara ditetapkan tersangka oleh KPK. Juliari diduga menerima fee sebesar Rp 10 ribu per paket sembako senilai Rp 300 ribu.

Pada pelaksanaan paket Bansos sembako periode pertama, diduga telah menerima fee sebesar Rp12 miliar yang pembagiannya diberikan secara tunai oleh Matheus kepada Juliari melalui Adi Wahyono dengan nilai sekitar Rp8,2 miliar.

Untuk periode kedua pelaksanaan paket bansos ini terkumpul fee dari Oktober 2020 sampai dengan Desember 2020 sekitar Rp8,8 miliar. Ketua KPK Firli Bahuri menduga uang tersebut juga akan dipergunakan untuk keperluan Juliari. [ray]

Baca juga:
Jokowi Soal Mensos Jadi Tersangka: Saya Tidak akan Melindungi yang Terlibat Korupsi
Dua Menteri Ditangkap, KPK Tegaskan Setiap Warga Sama di Hadapan Hukum
Jejak Karier Juliari Batubara Hingga Jadi Mensos, Lulusan AS & Kelola Bisnis Keluarga
KPK: Kita Bolak Balik Ingatkan Mensos Soal Korupsi, Tapi Dianggap Persahabatan
Wajah-Wajah Tersangka Korupsi Bansos Saat Digelandang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini