Jokowi Tak Menunduk Kepala Saat Salaman dengan Biden & XI Jinping: Kita Negara Besar!

Sabtu, 26 November 2022 10:42 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi Tak Menunduk Kepala Saat Salaman dengan Biden & XI Jinping: Kita Negara Besar! Presiden Jokowi terima pemimpin berbagai negara di KTT G20. ©Kevin Lamarque/Pool/REUTERS

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bangga ketika Indonesia mampu berdiri tegak di antara negara-negara besar di dunia. Ini terlihat saat acara KTT G20 di Bali.

Jokowi mencontohkan saat dirinya bersalaman dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pertemuan G20. Jokowi percaya diri dengan kepala tidak menunduk.

"Waktu kemarin di G20 semua lihat kan? kita mampu berdiri tegak dengan kepala mendongak di antara negara besar dunia, saya waktu salaman dengan mereka dengan Presiden Biden saya salaman juga (sambil gestur salaman dengan kepala tegak)," kata Jokowi di acara relawan Nusantara Bersatu, Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11).

Tak hanya Biden, gestur kepala tegak dan tidak menunduk itu dilakukannya saat bersalaman dengan Presiden China Xi Jinping. Menurutnya, dengan sikap tersebut Indonesia harus percaya diri dan optimis.

"Kita negara besar, waktu salaman dengan Presiden Xi Jinping, di sana negara besar di sini juga negara besar, saya salaman juga begini (dongak) dengan negara-negara besar kita juga tidak menunduk, salaman juga begini (berdiri tegak) kita harus percaya diri dan optimis," ujar Jokowi.

Dia berkata, dengan mampu berdiri tegak dengan kepala mendongak itu menunjukkan Indonesia adalah bangsa besar. Bangsa yang benar-benar memiliki keinginan untuk jadi negara maju dengan kerja keras tinggi.

"Tanpa lelah, tanpa menyerah, jangan dikit-dikit mengeluh, jangan dikit-dikit mengeluh, bukan bangas pekerja keras namanya. Setuju? semuanya harus bekerja keras setuju? semua harus bekerja keras tanpa lelah tanpa menyerah setuju?" ucap Jokowi.

[noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini