Jokowi soal Tunjangan TNI: Cukup Semua, Tidak Ada Prajurit yang Ngeluh

Rabu, 5 Oktober 2022 17:26 Reporter : Merdeka
Jokowi soal Tunjangan TNI: Cukup Semua, Tidak Ada Prajurit yang Ngeluh Presiden Jokowi saksikan parade alutsista di HUT TNI. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut, tidak ada prajurit TNI yang mengeluhkan masalah tunjangan. Dia pun menyimpulkan tunjangan yang diberikan ke prajurit TNI saat ini sudah cukup.

"Tadi kan saya tanya tunjangan (ke prajurit), cukup. Cukup semua gimana, kan sudah dijawab tadi, enggak ada yang ngeluh, cukup, cukup. Artinya cukup, ada yang tadi jawab lumayan," kata Jokowi usai memimpin Upacara HUT ke-77 TNI di halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu (5/10).

Sementara itu, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengaku, pemerintah selalu memperhatikan kesejahteraan para prajurit TNI. Kendati begitu, kata dia, tambahan tunjangan untuk TNI disesuaikan dengan kondisi ekonomi nasional.

"Ya kita selalu ingin memperhatikan ya, meningkatkan kesejahteraan. Tapi, kita harus sesuaikan dengan kondisi ekonomi bangsa," kata Prabowo kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

2 dari 3 halaman

Dia mengatakan, Indonesia sedang menghadapi krisis. Bahkan, Prabowo menyampaikan dunia diprediksi akan mengalami krisis yang lebih parah di tahun mendatang.

"Ya kita menghadapi krisis, ramalan dari seluruh dunia krisis ke depan bisa lebih parah ya. Mereka sebut the perfect storm akan datang. The perfect storm, badai akan datang. Jadi kita harus siap," ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi menanyakan soal tunjangan saat melakukan video conference dengan prajurit TNI yang bertugas di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota, Merauke, yang merupakan kawasan perbatasan Indonesia.

Adapun video conference itu dilakukan dalam rangkaian HUT ke-77 TNI yang digelar di halaman Istana Merdeka Jakarta, Rabu (5/10/2022). Dalam kesempatan ini, Jokowi meminta prajurit berkata jujur apakah tunjangan untuk TNI sudah cukup.

"Tunjangan cukup?" tanya Jokowi saat berbincang dengan perwakilan prajurit TNI dari Satgas Yonif 551, Rabu.

3 dari 3 halaman

Namun, prajurit tersebut mengatakan bahwa tunjangan saat ini sudah cukup. Jokowi pun meminta prajurit menyampaikan apa adanya, tanpa harus takut ke Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Siap, untuk tunjangan cukup," ucap prajurit.

"Bener? Enggak usah takut dengan Panglima," tanya Jokowi kembali.

"Siap, cukup Bapak," jawab prajurit TNI.

Hal yang sama juga ditanyakan Jokowi saat berdialog dengan prajurit yang bertugas di Kepulauan Talaud. Jokowi pun heran para prajurit tak ada yang berani menyebut bahwa tunjangan tidak cukup. [rnd]

Baca juga:
Jilat Kue Kado Polri untuk HUT TNI, Dua Anggota Polisi Dijebloskan ke Penjara
Saksikan Defile Alutsista, Jokowi: Bentuk Kesiapan TNI Hadapi Perubahan Geopolitik
Antusiasme Warga Berfoto dengan Kendaraan Tempur TNI

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini