Jokowi soal Saut Situmorang Mundur dari KPK: Itu Hak Setiap Orang

Jumat, 13 September 2019 10:51 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi soal Saut Situmorang Mundur dari KPK: Itu Hak Setiap Orang Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. ©2019 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - Saut Situmorang menyatakan mundur sebagai wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pengunduran diri Saut diketahui setelah pesannya untuk internal KPK beredar di kalangan wartawan.

Salah satu sumber di KPK saat dikonfirmasi oleh merdeka.com membenarkan ada pesan dari Saut yang dikirim lewat email. "Benar, ada ucapannya di email," katanya.

Presiden Joko Widodo menanggapi soal keputusan Saut mengajukan pengunduran diri sebagai pimpinan KPK.

"Ya itu hak setiap orang," kata Jokowi dalam jumpa pers di Istana Negara, Jumat (13/9).

Menurut Jokowi, setiap orang berhak memilih. "Untuk mundur dan tidak mundur adalah hak pribadi seseorang," kata Jokowi singkat.

Dalam pesan yang beredar tersebut, Saut menyatakan mundur terhitung tanggal 16 September 2019 mendatang.

"Saudara saudara yang terkasih dalam nama Tuhan yang mengasihi kita semua, izinkan saya bersama ini menyampaikan beberapa hal sehubungan dengan pengunduran diri saya sebagai Pimpinan KPK terhitung mulai Senin 16 September 2019 (masih ada dua kegiatan lagi di Yogya Sabtu Minggu14/15 Sept 2019 - Jelajah Dongeng anti korupsi )," kata Saut mengawali tulisan dalam pesan kepada internal itu, Jumat (13/9).

Sementara Saut tidak bisa dihubungi saat akan dikonfirmasi. Pesan Whatsapp yang dikirimkan Saut hanya centang satu. [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini